Yuk Buat Resolusi Kesehatan di Tahun Baru

1 Januari 2018 | 21:44

Jika Anda bertanya pada orang lain apakah ada resolusi yang paling tidak bermanfaat, pasti jawabannya adalah resolusi kesehatan. Padahal, pernyataan tersebut salah besar. Sebaliknya, resolusi kesehatan adalah hal yang sangat penting. Ketika semua orang beramai-ramai melakukan resolusi pendidikan, resolusi asmara, ataupun resolusi pekerjaan, mereka banyak melewatkan resolusi kesehatan.

Walaupun terlihat sangat sepele, resolusi kesehatan bisa menjadi awal yang sangat bagus untuk membantu Anda dalam melewati satu per satu resolusi lain yang Anda buat. Salah satu concern yang cukup besar dalam resolusi kesehatan adalah untuk menjaga kondisi fisik dan psikis Anda selama satu tahun ke depan. Oleh karena itu, kita akan memberikan apa saja contoh resolusi kesehatan yang bisa Anda tulis di tahun ini.

Mencoba Mengurangi Gula

Sejatinya, tubuh kita hanya membutuhkan 10% gula dari total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika misalnya orang dewasa memerlukan 2000 hingga 3000 kalori setiap hari, itu berarti Anda hanya cukup mengonsumsi 50 sampai 75 gram gula. Secara kasarnya, jika Anda makan sebutir permen di pagi hari, sejatinya Anda sudah tidak membutuhkan lagi asupan gula dalam satu hari.

Lalu, apakah Anda harus menghitung asupan gula setiap hari? Tidak perlu. Karena yang harus Anda lakukan adalah menghindari asupan gula di makanan atau minuman. Contohnya seperti menghindari minum jus buah setiap hari, minuman bersoda, teh manis, atau kopi yang disertai banyak gula. Menjaga pola makan dengan sendirinya akan mengurangi asupan gula Anda.

Berolahraga

Pada tahun 2017 kemarin, sangat banyak tren olahraga yang berkembang, mulai dari zumba, yoga, berenang, berlari, sampai bertinju. Nah, untuk Anda yang sebelumnya sangat jarang berolahraga, mengikuti tren olahraga tadi bisa menjadi awal yang sangat bagus, lho. Apalagi jika Anda setiap hari duduk bekerja, olahraga akan membantu tubuh Anda agar terus bergerak.

Salah satu tujuan dari berolahraga adalah mengeluarkan keringat dari tubuh. Racun-racun yang ada di dalam tubuh akan keluar saat tubuh Anda banyak gerak ketika olahraga. Jadi, usahakan Anda berolahraga minimal seminggu sekali, ya.

Berhenti Merokok atau Hal Buruk Lainnya

Anda saat ini merokok atau bahkan kecanduan minum minuman keras? Tidak ada kata terlambat untuk berhenti atau minimal menguranginya. Ada banyak cara untuk berhenti atau minimal mengurangi rokok atau hal-hal buruk lainnya. Yang terpenting adalah ubah pola pikir Anda untuk hidup sehat terlebih dahulu. Semangat, ya.

Membaca Buku

Yes, ini adalah resolusi kesehatan keempat yang bisa Anda lakukan. Aktivitas membaca buku ini akan memperkuat daya ingat dan daya tangkap otak. Menurut penelitian Rush University, rajin membaca buku akan membantu mengurangi penurunan kognitif sampai 32 persen. Jadi, secara tidak langsung, rajin membaca buku akan mengurangi pikun di usia produktif.

Tidak hanya itu, membaca buku ternyata juga sangat bagus untuk melatih fokus dan konsentrasi. Penelitian lain dari Stanford University menunjukkan bahwa semakin kita larut dalam bahan bacaan, itu berarti otak sedang berkonsentrasi. Semakin sering membaca, maka akan melatih Anda untuk fokus dan mudah berkonsentrasi.

Resolusi kesehatan memang terlihat sepele dan sederhana. Padahal, resolusi kesehatan inilah yang harus didahulukan daripada resolusi yang lain. Semoga beberapa inspirasi resolusi kesehatan di atas bisa membantu Anda, ya.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.