5 Hal Produktif yang Bisa Ibu Rumah Tangga Lakukan

1 Maret 2018 | 04:31

Ada salah satu hal yang sedikit menyebalkan ketika memutuskan hidup sebagai ibu rumah tangga, yaitu bosan di rumah dan akhirnya tidak produktif. Salah satu alasan kenapa banyak ibu rumah tangga ini sering bosan di rumah adalah rutinitas yang terlalu monoton dan berulang-ulang. Kemudian belum lagi banyak orang yang bilang menjadi ibu rumah tangga ini membuang-buang waktu di rumah dan menjadi pribadi yang tidak produktif. Padahal yang terjadi justru sebaliknya.

Menjadi seorang ibu rumah tangga seharusnya bisa menjadi batu loncatan untuk Anda menjadi pribadi yang lebih semangat dan produktif dalam melakukan sesuatu. Untuk mengawali hal tersebut, sekarang kita akan membahas lima hal produktif yang bisa Anda lakukan di rumah mulai hari ini.

Bangun lebih pagi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih produktif adalah bangun lebih pagi. Salah satu hal yang sangat jarang Anda lakukan saat menjadi ibu rumah tangga adalah mempunyai waktu untuk melakukan hal yang Anda senangi atau me time. Jadi, langkah pertama untuk mendapatkan me time adalah bangun lebih pagi. Dengan begitu, Anda bisa mandi terlebih dahulu, menyiapkan sarapan keluarga sambil menonton televisi atau membaca koran. Sekarang coba bayangkan jika Anda bangun terlambat, pasti semuanya serba dadakan.

Buat jadwal setiap hari

Jika Anda mempunyai anak balita yang harus diawasi setiap hari, tentu akan sulit mendapatkan waktu me time atau melakukan hal-hal yang produktif. Oleh karena itu, Anda bisa mengakalinya dengan membuat jadwal setiap hari. Jadwal ini bisa Anda tulis secara rinci, apa saja yang akan Anda lakukan hari ini.

Keuntungan membuat jadwal setiap hari adalah Anda tidak hanya sekadar tahu kapan saja waktu luang, tetapi Anda juga akan tahu kebiasaan anak tidur siang, bermain, sampai waktunya mandi. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan waktu luang semaksimal mungkin.

Patuhi jadwal yang Anda buat

Walaupun sudah mempunyai jadwal yang sudah Anda buat, bukan berarti Anda boleh melewatkannya. Patuhi jadwal yang sudah Anda buat, apa lagi jika Anda mempunyai balita yang tentu tidak boleh ditinggal. Jadwal seperti menulis, membaca buku, pergi bertemu teman, atau sekadar belajar memasak akan membuat Anda sangat produktif, bukan?

Kerjakan pekerjaan rumah sekaligus

Salah satu kesalahan yang akhirnya membuat Anda tidak produktif adalah mencicil pekerjaan rumah. Misalnya ketika ruang tamu yang berantakan, Anda membersihkan mainan terlebih dahulu di pagi hari, baru menyapu di sore hari. Ini akan membuat pekerjaan rumah bukan malah cepat selesai, tetapi semakin menumpuk. Hal yang harus Anda lakukan adalah kerjakan pekerjaan rumah sekaligus. Walaupun mungkin membutuhkan waktu yang lama, setidaknya Anda tidak akan mempunyai tanggungan apapun.

Lakukan me time dengan maksimal

Me time ini tidak sekadar Anda menulis buku atau menjalankan sebuah bisnis. Me time ini bisa bermacam-macam, mulai dari hal sederhana seperti tidur atau sampai pergi membeli buku atau pakaian. Setiap orang mempunyai “kadar” me time yang berbeda-beda, semua tergantung bagaimana Anda merasa nyaman dalam melakukan sesuatu. Sekadar informasi, melakukan me time ini sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan mental Anda. Jadi, gunakan me time sebaik-baiknya, ya.

Kelima hal produktif di atas bisa dilakukan ketika Anda merasa bosan ketika menjalankan rutinitas ibu rumah tangga setiap hari. Semoga hari-hari Anda menyenangkan!

 

Rekomendasi