Bisnis Online, Masihkah Menjanjikan Seperti Dulu?

4 Maret 2018 | 04:53

Banyak bisnis online untuk pemula yang dianggap berpotensi tahun lalu. Tapi apakah sekarang bisnis-bisnis tersebut masih sama potensinya? Berikut beberapa bisnis populer dan analisis potensinya di tahun ini untuk Anda yang baru ingin memulai bisnis.

Kuliner Bisa Berpotensi Bisa Tidak

Bisnis satu ini memang dianggap tak ada matinya, juga mudah dilakukan oleh Anda yang pemula. Sayangnya, Anda tak bisa melulu mengikuti tren ketik menjalani bisnis ini. Kuliner yang diminati oleh masyarakat sekarang tak hanya dari rasa, tetapi juga dari bentuk dan pengemasannya. Beberapa orang bahkan rela untuk membeli makanan dengan harga yang sedikit lebih tinggi untuk soal rasa. Apalagi ketika sudah banyak orang yang menjual hal sama.

Ketika mengikuti bisnis kuliner, harga bisa diatur, yang penting Anda bisa menyajikan rasa yang enak (jangan unik, karena unik belum tentu cocok di lidah semua orang dan potensi matinya lebih besar). Anda pun juga sebaiknya tak membungkus makanan seenaknya karena sekarang bungkus bisa menjadi harga jual tersendiri. Banyak konsumen yang kini suka memamerkan produk yang mereka beli lewat sosial media, karena itu kemasan akan berpengaruh. Bila kemasan Anda kurang menarik, apalagi bila rasa biasa saja bahkan cenderung tak lezat maka usaha kuliner Anda akan lebih mudah ditinggalkan oleh konsumen.

Pakaian Akan Semakin Susah Karena Banyaknya Saingan yang Menawarkan Hal Sama

Saat ini Anda banyak menemukan usaha pakaian murah di online shop yang menjual barang-barang sama. Karena itu bisnis satu ini akan semakin kecil potensinya di tahun 2018. Banyak penjual banting harga dan bahkan terlalu murah dan tak mendapatkan hasil yang sesuai. Apalagi, sekarang banyak juga mall yang menghadirkan baju-baju murah tersebut di gerai mereka (di Surabaya, sudah ada beberapa mall yang menjual baju jenis 100 ribu dapat tiga yang biasanya ditemukan di online shop).

Perlu diingat bahwa baju yang dijual di online shop memang murah, tetapi kualitasnya memang tak bisa dibandingkan dengan baju yang memiliki bahan yang benar-benar bagus. Bila saingan sudah terlalu banyak dan Anda hendak menjual yang sama, sebaiknya urungkan niat Anda dan beralih ke bisnis yang lainnya.

Content Writer Tidak Akan Mati Selama Anda Bisa Profesional

Bisnis yang satu ini tak akan mati, apalagi bila Anda memiliki kualitas tulisan yang bagus dan jam kerja yang profesional meskipun Anda adalah seorang freelance. Kelemahan dari content writer freelance adalah kurangnya kualitas tulisan atau karena tak bisa menepati deadline. Selama Anda bisa profesional dan terus mau belajar (seperti membaca tulisan Anda yang sudah diedit oleh editor), bisnis satu ini akan terus berpotensi.

Memang tidak mudah memilih bisnis yang cocok dengan Anda, namun Anda harus berani mencoba agar menghasilkan sesuatu. Tetapi Anda juga tidak bisa mengambil risiko terlalu besar sebagai pemula, apalagi sampai berhutang untuk modal bisnis.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.