Asuransi atau Investasi, Mana yang Harus Anda Pilih?

4 Maret 2018 | 04:59

Asuransi dan investasi merupakan dua produk keuangan paling penting yang wajib dimiliki oleh seseorang. Keduanya sama-sama memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan. Sehingga idealnya, kedua produk ini harus dimiliki. Apalagi jika Anda tengah berada pada usia produktif. Tentu Anda ingin untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan serta jaminan yang menentramkan.

Namun, apa jadinya jika dana yang Anda miliki terbatas? Mau tak mau Anda harus memilih salah satu. Asuransi atau investasi? Asuransi penting sebagai proteksi atau perlindungan bagi Anda dan keluarga. Sementara investasi juga sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan masa depan Anda dan keluarga. Terlebih saat ini uang yang Anda miliki terancam digerus oleh inflasi. Nah, apabila Anda masih bingung, simak dulu informasi lengkapnya berikut ini!

Pertimbangan kondisi Anda

Keputusan memilih asuransi atau investasi haruslah Anda sesuaikan dengan kondisi Anda. Apabila Anda baru saja bekerja dan sudah berkeluarga, maka sebaiknya Anda mendahulukan asuransi. Secara lebih spesifik, jenis asuransi yang harus segera Anda punyai adalah asuransi kesehatan. Karena, selalu ada kemungkinan bahwa Anda akan mengalami gangguan kesehatan di kemudian hari. Hal-hal tak terduga tersebut setidaknya bisa Anda atasi dengan penggunaan asuransi.

Sebagai perhitungan, coba pikirkan berapa kali dalam setahun Anda dan keluarga harus berobat ke rumah sakit atau menemui dokter. Tentu biaya yang harus Anda keluarkan tidak sedikit. Terlebih apabila Anda baru saja memiliki buah hati, semakin sering Anda harus pergi ke dokter dan menghabiskan lebih banyak rupiah. Oleh karena itu, penggunaan asuransi kesehatan setidaknya dapat mengurangi beban Anda.

Pertimbangkan risiko

Anda membutuhkan asuransi sebagai perlindungan risiko gangguan kesehatan dan berbagai hal tak terduga lainnya. Sedangkan investasi bisa menjadi kumpulan dana yang sangat bermanfaat bagi Anda di masa depan. Tapi sayangnya, risiko yang terdapat dalam investasi juga harus Anda perhatikan. Apabila investasi yang Anda jalani tidak berjalan denga lancar, maka akan sangat mungkin Anda akan mengalami kegagalan.

Jika gagal, maka sejumlah uang atau dana yang Anda investasikan bisa hilang sia-sia, tergantung dari jenis investasi Anda. Sedangkan kemungkinan Anda atau anggota keluarga jatuh sakit, membutuhkan biaya darurat serta musibah-musibah lainnya selalu ada. Di saat seperti ini, yang bisa Anda andalkan bukanlah investasi, melainkan asuransi. Oleh karena itu, jika Anda harus memilih dengan mempertimbangkan risiko yang ada, asuransi lah jawabannya.

Saat yang tepat untuk berinvestasi

Jika Anda sudah memiliki asuransi sebagai proteksi, maka Anda bisa mulai berpikir melakukan investasi. Investasi berada setelah asuransi karena potensi hal-hal tak terprediksi yang bisa saja terjadi. Bayangkan apabila Anda memilih investasi dari pada asuransi. Anda menghabiskan banyak, bahkan seluruh dana yang Anda punya untuk berinvestasi sehingga tak punya sisa dana membayar polis asuransi. Dengan persepsi bahwa Anda harus berinvestasi sejak dini.

Skenario terburuk adalah investasi baru berjalan setahun dan Anda tiba-tiba mengalami kecelakaan hingga meninggal. Investasi yang Anda jalankan belum membuahkan hasil, dan kepergian Anda tak hanya membawa kesedihan yang mendalam, namun juga beban yang besar. Sedangkan, apabila Anda lebih mendahulukan asuransi misalnya, terutama asuransi jiwa, maka keluarga Anda bisa tetap hidup menggunakan uang pertanggungan asuransi.

Itu hanyalah skenario terburuk yang harus masuk dalam daftar pertimbangan Anda. Tak hanya kematian, sakit yang mungkin akan Anda derita juga harus Anda pikirkan secara matang. Sebaiknya jangan teburu-buru untuk melakukan investasi, terlebih jika kemampuan finansial Anda tak memadai. Seiring waktu berlalu dan kondisi keuangan Anda semakin baik, Anda bisa melakukan investasi kemudian hari. Cara ini akan lebih aman dan bijak untuk Anda lakukan.

Itulah sejumlah informasi mengenai pilih asuransi atau investasi yang harus Anda ketahui. Dahulukanlah apa yang menurut Anda paling Anda butuhkan dan jadikan informasi di atas sebagai bahan pertimbangan. Demi kenyamanan Anda dan keluarga secara maksimal. Semoga bermanfaat!

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.