Info Kesehatan 2018: Ini Penyakit yang Patut Anda Waspadai

5 Maret 2018 | 05:09

Penyakit-penyakit berikut ini memang bukan penyakit baru, namun di tahun 2018 mereka siap menyerang kembali. Bila diremehkan bisa berakibat fatal. Apa saja dan bagaimana cara pencegahannya?

Ragam Penyakit Kulit

Air yang kotor dapat menjadi penyebab utama penyakit ini, tetapi penyakit kulit juga bisa datang dari kurang bersihnya Anda saat mandi. Beberapa bagian tubuh yang lebih susah dijangkau seperti bagian tengah punggung rawan terserang penyakit kulit. Apalagi bila Anda berkeringat seharian. Untuk mencegahnya, Anda bisa membeli penggosok mandi yang sudah dijual bebas di pasaran. Pastikan Anda memilih gosokan dengan bahan lembut agar tak melukai kulit.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) juga kerap disebut sebagai “infeksi saluran napas” adalah penyaki yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung. Dalam beberapa kasus, ISPA juga menyerang paru-paru dan pipa pernapasan. Di musim hujan atau di daerah yang kebersihannya kurang terjaga, penyakit ini kerap menjadi momok, terutama bagi anak-anak. Gejala paling umum dari ISPA adalah sesak napas atau gejala pernapasan lainnya.

Gizi Buruk

Gizi buruk tak selamanya berarti kurang makanan. Gizi buruk berarti kekurangan asupan makanan dengan gizi yang baik dan seimbang. Banyaknya makanan cepat saji dan jajan di pinggir jalan yang dilakukan setiap hari dapat memicu penyakit ini. Tak sedikit juga orang obesitas yang mengalami gizi buruk karena terlalu banyak mengonsumsi junk food. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya mulai pertimbangkan lagi makanan yang Anda asupan setiap hari.

Demam

Penyakit satu ini tak akan lekang oleh waktu, pasalnya demam bisa datang kapan saja utamanya saat musim pancaroba atau musim hujan. Namun, Anda tak boleh meremehkan demam karena akibatnya bisa ke mana-mana seperti tipes. Karena itu, ketika sudah terserang demam, sebaiknya Anda langsung melakukan berbagai tindakan pengobatan. Tak harus obat-obat generik, Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe tiap pagi atau mengistirahatkan badan Anda dalam waktu yang cukup.

Diare

Penyakit satu ini tak hanya datang dari makanan yang kurang higienis, tetapi juga dari tangan yang tidak dibersihkan sebelum dan sesudah makan atau dari kamar mandi. Diare bisa ditangani dengan mudah selama Anda memilih asupan yang benar. Minuman isotonik bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang akibat diare. Namun, bila diare sudah semakin parah (seperti warna yang menghitam atau hasil buangan sudah sangat encer), sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter.

Penyakit-penyakit di atas memang umum terjadi tiap tahunnya, bahkan terdengar sepele. Kenyataannya, penyakit tersebut kerap datang dan menjadi momok bagi Anda dan keluarga. Untuk itu, jangan lupakan cara hidup higienis, kurangi jajan di luar dan pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi yang baik.

 

Rekomendasi