Apa Masalah Kesehatan Wanita yang Sering Disepelekan?

6 Maret 2018 | 00:42

Di era informasi yang sudah sedemikian bagusnya, masih saja banyak orang yang meremehkan tentang bahaya sebuah penyakit. Walaupun “hanya” penyakit sederhana seperti demam atau pilek, jika dibiarkan dan diremehkan, akan menjadi masalah yang sangat serius. Selain kedua masalah di atas, ternyata ada cukup banyak masalah kesehatan yang sering diremehkan oleh banyak orang, khususnya wanita dan pada akhirnya bertambah buruk.

Simak beberapa masalah kesehatan wanita yang sering dianggap sepele berikut ini.

Kanker payudara

Masalah kanker payudara menjadi salah satu hal paling banyak dibicarakan dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Bagaimana tidak, kanker payudara ini banyak sekali diremehkan dan pada akhirnya terlambat sampai stadium lanjut. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker payudara adalah dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mulai dari pola makan, olahraga, sampai tidur yang cukup. Selain itu, cara mendeteksi kanker payudara dengan cara diraba juga sangat membantu untuk mencegah terjadinya penyebaran.

Polycystic ovarium

Penyakit ini akan menyerang daerah kewanitaan wanita, yaitu ovarium. Menurut doktersehat.com, penyakit polycystic ovarium ini menyerang setidaknya 5-10% wanita di usia subur, yaitu usia 15-45 tahun, dengan munculnya semacam kista kecil di dalam ovarium. Salah satu gejala orang terkena penyakit ini adalah haid tidak teratur, berat badan sangat tinggi, timbulnya jerawat, pertumbuhan rambut tidak teratur, sampai tingkat insulin tinggi.

Diabetes

Diabetes dengan stadium tinggi sangat jarang ditemui di usia yang sangat muda, tetapi gejala-gejala awal sudah bisa terlihat ketika gula darah Anda sering naik secara tiba-tiba. Walaupun bisa dinetralkan, tanda-tanda tersebut sudah menjadi sinyal bahaya bagi tubuh Anda. Diabetes ini biasanya timbul akibat kesibukan tinggi dan pada akhirnya tidak bisa mengatur pola makan. Mengubah gaya hidup dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur akan mencegah Anda terkena diabetes.

Penyakit mental

Salah satu penyakit yang sering kali diremehkan adalah penyakit mental. Bukan penyakit gangguan kejiwaan akut yang bisa mengakibatkan gangguan jiwa, tetapi penyakit mental yang bisa menyebabkan Anda sering stres dan juga depresi. Sekadar kegagalan dalam karir, percintaan, hingga masalah keluarga juga bisa menimbulkan penyakit mental yang serius jika kita tidak bisa mengendalikannya.

Salah satu cara pencegahan penyakit mental adalah dengan berusaha lebih terbuka kepada keluarga dan teman dekat Anda. Sekadar bercerita kepada orang yang tepat akan sedikit mengurangi beban pikiran Anda.

Gangguan gairah seksual wanita

Gangguan gairah seksual wanita ini tidak hanya nafsu seks yang berkurang, tetapi juga nafsu seks yang terlalu tinggi. Menurut Dr Rajan Bhonsle dari GS Medical College, adanya kecenderungan perbedaan tubuh dengan hasrat seksual bisa mengakibatkan gangguan seksual. Efek paling berbahaya adalah terjadinya ejakulasi dini ataupun tidak pernah mengalami orgasme. Salah satu hal yang bisa Anda cegah adalah dengan berkonsultasi kepada dokter jika ada gangguan sesederhana apapun.

Masalah kesehatan memang terlihat sepele, tetapi jika terus dibiarkan maka hasilnya tentu akan sangat berbahaya. Selalu menjaga pola hidup dan pola makan akan mencegah Anda mendapatkan masalah kesehatan pada wanita.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.