3 Wanita Hebat yang Berhasil Memimpin Perusahaan Besar Dunia

7 Maret 2018 | 01:12

Dunia kerja, khususnya di bagian top eksekutif sekarang bukan menjadi sesuatu yang jarang bagi wanita. Mungkin Anda tahu bagaimana Bill Gates, Tim Cook, Jack Ma, atau Mark Zuckerberg sukses memimpin perusahaan besar dengan jumlah karyawan mencapai puluhan ribu. Tetapi apakah Anda tahu bahwa sekarang sudah cukup banyak pemimpin wanita yang sangat sukses menjalankan perusahaan besar dunia?

Di dalam artikel kali ini, kita akan mencoba membahas beberapa wanita hebat yang berhasil memimpin perusahaan besar dunia. Tidak hanya berhasil dalam hal keuntungan, tetapi mereka berhasil menginspirasi jutaan wanita di seluruh dunia untuk terus percaya bahwa wanita bisa memimpin perusahaan besar dunia.

Indra Nooyi, Chairman dan CEO PepsiCo

Indra Nooyi bukan lulusan perguruan tinggi terkenal di Eropa atau Amerika Serikat, Nooyi “hanya” lulusan perguruan tinggi di India. Tetapi etos kerjanya yang sangat tinggi membuat Indra Nooyi mendapatkan karir yang sangat luar biasa. Pada tahun 1976, dia membantu product manager di Johnson & Johnson. Dari situ, karir Nooyi menanjak dan sampai akhirnya dia lulus kuliah di Yale University.

 

Setelah lulus dari Yale, Indra Nooyi sukses menjabat posisi strategis di Motorola dan Asea Brown Boven. Petualangannya di PepsiCo dimulai pada tahun 1994 ketika dirinya diangkat menjadi CFO. Berkat tangan dingin Indra Nooyi, keuntungan PepsiCo naik sebesar 72% di tahun 2001. Pada tahun 2011, Indra Nooyi menduduki posisi nomor empat sebagai most powerful woman versi majalah Forbes.

 

Carol M. Meyrowitz, Presiden dan CEO TJX Companies

Mungkin Anda jarang mendengar nama TJX Companies, tetapi di Amerika Serikat nama tersebut menjadi salah satu department store yang terbesar. Semua hasil tersebut berkat Carol M. Meyrowitz yang masuk sebagai executive vice president sejak tahun 2001. Semenjak berada di posisi strategis, Carol membuat beberapa brand seperti TJ Maxx, Home Goods, dan Marshall yang mempunyai nilai mencapai 21 miliar dolar.

Salah satu inspirasi yang paling menarik dari Carol adalah dia masuk ke dalam TJX Companies sebagai asisten kasir. Setelah itu, posisi Carol naik sedikit demi sedikit dan kemudian sekarang menjadi salah satu pemimpin perusahaan paling berpengaruh di dunia.

Mary Barra, Board Member General Motors dan Disney

Nama Mary Barra mencuat saat pada tahun 2014 diangkat menjadi chief executive di perusahaan penjualan spare parts motor terbesar di dunia, General Motors. Mary Barra langsung menjadi wanita pertama di dunia yang menjadi kepala di dunia perusahaan motor. Di tangan Barra, General Motors sekarang menjadi salah satu perusahaan yang terdepan dalam mengembangkan self-driving car.

Tidak hanya menjadi salah satu board member di General Motors, pada bulan Agustus 2017 kemarin Mary Barra juga diangkat menjadi board member Disney. Ini dikarenakan adanya kerja sama Disney dengan General Motor dalam membuat Test Track, salah satu wahana paling terkenal di Disney World.

Ketiga wanita hebat di atas seakan memberikan contoh bahwa menjadi seorang wanita tidak memberikan jarak dan hambatan apa pun. Yang bisa Anda lakukan adalah berusaha keras dan maksimal untuk mencapai hasil yang terbaik.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.