Masalah Kesehatan Organ Intim Wanita yang Sering Dilupakan

7 Maret 2018 | 01:15

Masalah kesehatan organ intim wanita bukanlah hal tabu untuk dikonsultasikan. Anda bahkan harus waspada dan segera bertanya pada dokter kepercayaan Anda bila sudah terjadi beberapa masalah berikut ini. Apa saja?

Keputihan

Keputihan memang umum terjadi pada wanita, namun bukan berarti bisa diabaikan. Beberapa keputihan tergolong tak normal bila keluar dalam jumlah besar atau dalam waktu yang cukup lama. Penyebabnya bermacam-macam, bisa dari bakteri seperti bakteri vaginosis yang merupakan penyebab keputihan paling umum. Bakteri ini membuat keputihan Anda berbau kuat dan cenderung sangat tidak sedap.

Ada juga yang terjadi karena trikomoniasis, infeksi yang terjadi karena kontak seksual atau karena berbagi handuk atau baju renang. Keputihan jenis ini terkadang memiliki warna yang tak hanya putih, tetapi juga kuning dan hijau. Baunya pun busuk dan terkadang organ intim Anda bisa terasa sakit dan gatal.

Keram Berlebihan Saat Menstruasi

Beberapa orang memang memiliki keram yang luar biasa saat menstruasi, hal ini bisa disebabkan oleh dua faktor, memang dari sananya sangat sakit (seperti faktor genetik atau makanan yang kurang sehat serta jarang olahraga) atau karena hal lain seperti kista. Bila kram saat menstruasi Anda sudah memiliki gejala seperti muntah, bertahan selama beberapa hari bahkan Anda sampai pingsan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Memang, bahkan ketika Anda mendapatkan berbagai gejala di atas bisa jadi ini bukan apa-apa, tetapi tak ada salahnya untuk berjaga-jaga bukan? Apalagi ini menyangkut organ intim Anda dan kista bisa jadi berbahaya bila terus dibiarkan. Efeknya bisa menjalar ke mana-mana.

Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi yang tak lancar alias kerap berhenti beberapa hari lalu baru keluar lagi bisa menjadi masalah bila datang terus menerus. Terkadang Anda bisa mendapati hal ini ketika stres atau setelah minum obat hormon. Namun, ketika ini terjadi terus-menerus selama dua atau tiga bulan, sebaiknya Anda periksakan ke dokter. Bisa jadi ini memang hanya karena stres, makanan tak sehat atau hormon yang tidak diproduksi sebagaimana mestinya. Tetapi juga bisa karena faktor lain yang lebih fatal.

Lama Menstruasi yang Lebih Dari 14 Hari

Bila Anda sudah mendapati menstruasi lebih dari 14 hari bahkan hanya satu kali saja, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter. Pendarahan menstruasi tergolong tak normal bila terjadi lebih dari 14 hari. Memang tak ada rasa sakit atau apapun, bahkan menstruasi tersebut bisa berhenti sendiri nantinya. Namun, bila diremehkan bisa berakibat fatal. Bisa jadi terjadi sesuatu pada organ intim Anda, dan bila dibiarkan justru akan menumpuk masalah.

Meski problem di organ intim tak semuanya berhubungan dengan rasa sakit, bukan berarti Anda bisa menyepelekannya. Organ intim Anda adalah area sensitif yang kebersihannya harus selalu dijaga dan tak boleh main-main dalam merawatnya.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.