Berikut 5 Cara Hidup Hemat Yang Mungkin Belum Pernah Anda Pikirkan Sebelumnya

1 April 2018 | 21:40

Hidup hemat merupakan hal yang sangat baik dilakukan. Anda bisa menabung dan memanfaatkan uang yang dimiliki dengan maksimal jika mampu berhemat. Namun sayangnya, hidup hemat bukanlah perkara yang mudah. Keinginan membeli berbagai produk yang menggoda meskipun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan juga makin lama makin besar. Nah, jangan sampai Anda masuk dalam lingkaran keborosan yang merugikan. Simak 5 cara hidup yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya berikut!

Menjaga Kesehatan

Mungkin selama ini Anda menganggap berhemat hanya berkutat pada lebih kecilnya pengeluaran dibanding pendapatan. Ya itu benar, namun ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu menjaga kesehatan. Dalam setahun, berapa kali Anda jatuh sakit dan mau tidak mau berobat ke rumah sakit? Tentu kondisi ini memaksa Anda mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit.

Pastinya bukan kehendak Anda untuk jatuh sakit dan mengeluarkan uang keperluan lainnya untuk biaya pengobatan. Namun coba lihat ke belakang, apa yang Anda lakukan hingga memicu kondisi kesehatan terganggu itu. Jika selama ini Anda pola makan Anda berantakan dan istirahat full tidak bisa dilakukan, mungkin Anda perlu untuk lebih disiplin dan mulai mengandalkan pola hidup sehat. Ingat, jika sehat, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar dan otomatis berhemat.

Pilih Fasilitas Liburan yang Murah

Dalam hidup, tentu Anda membutuhkan relaksasi. Momen ini dapat menyegarkan pikiran Anda dan semangat kembali. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan hal ini. Jika ingin berhemat, sebaiknya Anda harus teliti dalam memilih fasilitas liburan yang menawarkan harga murah namun tetap menyenangkan.

Tidak perlu berlibur dengan mengeluarkan biaya fantastis hanya karena ingin ikut-ikutan tren, misalnya. Yang terpenting adalah kenyamanan Anda. Liburan dalam negeri mungkin merupakan pilihan terbaik karena biayanya biasanya lebih rendah dibanding liburan ke luar negeri. Anda bisa memilih lokasi liburan yang tidak terlalu jauh namun indah dengan tiket promo dan dukungan diskon lainnya.

Terapkan Go Green

Mungkin Anda bukanlah tipe orang yang memikirkan keadaan dunia, seperti pemanasan global dan lain sebagainya. Mungkin Anda berpikir tindakan Anda tidak akan berpengaruh banyak pada dunia. Nah, jika tidak ingin melakukannya untuk dunia yang lebih baik, bagaimana jika melakukan untuk kebutuhan diri Anda sendiri? Karena jika menerapkan konsep go green, Anda dapat berhemat, lho.

Dengan menerapkan kebiasaan menghemat penggunaan listrik, seperti mematikan saklar ketika lampu tidak digunakan, menghemat penggunaan air, menggunakan tisu seperlunya, berjalan kaki atau sesekali menggunakan sepeda, sudah banyak rupiah yang bisa Anda hemat. Sikap ini tak hanya bermanfaat bagi diri Anda pribadi, namun secara tidak langsung baik bagi kelangsungan bumi.

Kumpulkan uang receh

Tiap kali berbelanja, kemana perginya uang receh kembalian yang Anda terima? Mungkin Anda tipe orang yang merasa uang receh tidak terlalu dibutuhkan, namun jika serius ingin berhemat, Anda tidak boleh meremehkan uang receh. Dibanding menelantarkannya, lebih baik Anda mengumpulkan uang receh di satu tempat seperti celengan agar lebih bermanfaat.

Bayangkan jika setiap hari Anda menyimpan uang receh Rp 500 per hari, setahun Anda bisa mengumpulkan Rp 182.500. Mungkin nominalnya kecil, namun jika Anda lakukan rutin mengumpulkan semua receh yang biasanya Anda “buang”, pastinya lama kelamaan receh tersebut akan berubah menjadi nominal besar yang bisa Anda gunakan.

Pilih teman yang memberikan dukungan

Jika Anda ingin sukses berhemat, pastikan Anda memilih teman yang memiliki satu tujuan seperti Anda, berhemat. Berteman dengan orang yang suka berbelanja dan terus mengajak Anda menghabiskan uang untuk ngopi, nonton film, menyaksikan konser, dan sebagainya tidak akan membantu proses berhemat yang ingin Anda lakukan.

Sebaliknya, mintalah dukungan dari teman yang mengerti kondisi Anda dan dapat memotivasi Anda untuk sukses berhemat. Dukungan sangat penting untuk memastikan fokus Anda terjaga dan tidak lepas kendala hanya karena adanya ajakan yang menggoda. Jika butuh refreshing, pastikan Anda memilih hal yang wajar dengan biaya yang masuk akal dan bermanfaat.

Itulah beberapa informasi mengenai cara hidup hemat yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Mungkin beberapa sudah ada yang Anda ketahui namun belum sempat terealisasi hingga saat ini. Jika begitu, kini saatnya Anda segera mulai berhemat untuk hidup yang jauh lebih bermanfaat. Good luck!

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.