Berikut Faktor Selain Niat dan Modal Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Bisnis

1 April 2018 | 21:44

Memulai bisnis bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan, utamanya adalah niat yang kuat serta modal. Namun, selain kedua hal tersebut masih ada beberapa faktor lain yang tidak kalah penting untuk dapat memulai bisnis. Beberapa faktor ini bahkan memegang peranan besar dalam terlaksananya sebuah rencana bisnis. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya!

Pikirkan ide bisnis yang unik

Kebanyakan pebisnis sukses karena cara pikirnya yang “Out of The Box” atau kreatif. Ide Facebook menghubungkan banyak orang, Instagram berbagi gambar, hingga YouTube membagi video kesukaan merupakan sejumlah ide kreatif yang membawa kesuksesan. Nah, jika Anda ingin membuka peluang sukses makin besar.

Pastikan Anda memulai sebuah bisnis yang memiliki ide kreatif dan bermanfaat bagi banyak orang. Bisnis transportasi online misalnya, saat ini menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat karena keberadaannya memang dibutuhkan. Menjalankan ide unik seperti ini akan membuat bisnis Anda lebih disenangi dan digunakan sehingga peluang bisnis berjalan lancar akan menjadi lebih besar.

Mulai dengan visi dan misi yang jelas

Perlu Anda pahami, bahwa bisnis yang sukses umumnya selalu memiliki visi dan misi yang jelas. Misalnya Apple Inc yang memiliki visi “Apple di setiap meja”. Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini memiliki misi yang jelas yaitu membawa pengalaman komputasi personal terbaik bagi seluruh konsumen di dunia.

Dengan memiliki visi dan misi yang jelas, akan lebih mudah untuk Anda berkembang dan mencapai tujuan bisnis yang Anda jalankan. Hindari memulai bisnis yang sebenarnya tidak Anda pahami, karena itu akan menghambat Anda nantinya. Tetapkan visi dan misi besar yang masuk akal agar Anda dapat memiliki gambaran apa yang harus dilakukan di masa depan.

Mulai mengorganisir diri Anda lebih baik

Banyak hal yang mau tidak mau harus Anda korbankan jika ingin memulai sebuah bisnis, salah satunya waktu untuk diri sendiri. Suka tidak suka, Anda harus menghabiskan 24 jam sehari untuk memikirkan apa yang harus dilakukan terhadap bisnis Anda. Untuk memulai, Anda harus berlatih mengorganisir diri lebih baik agar nantinya bisnis yang dijalankan dapat berlangsung lancar.

Mulailah dengan menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa dilakukan segara. Atur jadwal makan dengan benar karena kesehatan sangat penting agar Anda dapat menjalankan bisnis dengan baik. Mengorganisir diri juga berarti Anda memastikan tindakan Anda saat ini akan jadi peluang untuk pengembangan bisnis yang akan Anda jalankan.

Catat semua ilmu yang didapatkan

Sebaiknya, sebelum memulai bisnis Anda mengumpulkan berbagai ilmu dan pengetahuan dari banyak pihak dan pastikan mencatatnya. Mencatat akan menghindarkan Anda lupa dan dapat terus menjaga fokus. Berbagai hal penting seperti nasihat, pemikiran, pengalaman, baik yang datangnya dari diri sendiri maupun orang lain, pastikan tersimpan rapi dalam catatan Anda.

Hal ini dapat membuka pandangan Anda terhadap hal apa saja yang mungkin akan terjadi ke depannya. Berbagai tantangan yang akan Anda hadapi cenderung lebih mudah diatasi apabila Anda sudah mengetahui tindakan apa yang harus Anda ambil. Mencatat pengalaman Anda bisa jadi kenangan berharga serta ilmu yang Anda wariskan kepada para pemula bisnis lainnya.

Fokus menjalankan satu bisnis

Mungkin Anda memiliki sejuta ide bisnis yang sepertinya menguntungkan. Tapi, mencoba tanpa konsistensi tidak akan memberi Anda hasil yang diharapkan. Pastikan Anda fokus menjalani satu bisnis dalam satu waktu untuk mencurahkan semua perhatian dan usaha Anda dengan sebaik-baiknya. Tidak memiliki prioritas yang pasti tidak akan membantu perkembangan bisnis Anda.

Siapkan diri terhadap kemungkinan terburuk

Tentu ketika ingin memulai bisnis kesuksesan adalah yang Anda harapkan. Akan tetapi, kenyataan memang tak melalui berjalan sesuai yang Anda harapkan, bukan? Oleh karena itu, pastikan diri Anda sudah siap atas segala kemungkinan yang terjadi. Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari rasa kecewa berlebihan dan meskipun jatuh, bangkit bisa Anda lakukan.

Mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terburuk juga berarti Anda mengizinkan diri untuk belajar lebih banyak. Gagal memang tidak menyenangkan, namun pelajaran yang dibawanya bisa jadi bantu loncatan yang Anda gunakan untuk menggapai apa yang dicita-citakan, bukan?

Itulah beberapa faktor selain niat dan modal yang berpengaruh terhadap keputusan Anda memulai sebuah bisnis. Meskipun tidak mudah, pasti selalu ada jalan jika Anda terus berusaha. Good luck, ya!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.