Simak Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Sederhana Berikut Ini

2 April 2018 | 21:51

Uang belanja bulanan ini terkadang menjadi momok yang cukup menakutkan. Pertama, jika Anda tidak bisa melakukan penghematan, kebutuhan bulanan Anda bisa berantakan. Kedua adalah uang belanja bulanan Anda bisa membengkak jika Anda tidak mengetahui tips dan triknya. Tidak semua uang belanja itu diperuntukkan untuk keluarga saja, bagi Anda yang sedang merantau pun butuh uang belanja bulanan. Nah di dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menghemat uang belanja bulanan.

Buat daftar belanja

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang belanja bulanan adalah membuat daftar belanja. Jika Anda sudah berkeluarga, Anda bisa menuliskan segala macam kebutuhan semua anggota keluarga. Jika Anda merantau, Anda bisa menuliskan apa yang harus dibeli setiap bulannya agar tidak lupa.

Daftar belanja ini akan mempermudah Anda untuk fokus membeli berbagai item yang memang dibutuhkan. Aktivitas belanja bulanan bisa jadi masalah ketika Anda berbelanja secara impulsive. Pastikan Anda membuat daftar belanja yang lengkap dan hanya membeli barang sesuai daftar saja. Tak hanya memastikan Anda jadi lebih hemat, berbagai barang yang harus Anda beli juga dijamin tidak terlewat.

Jangan terfokus pada merek

Sebelum berkeluarga atau merantau dulu, Anda mungkin sangat mempertimbangkan merek saat membeli suatu barang. Berbagai produk yang perlu Anda beli secara rutin setiap bulan, mulai dari shampoo, sabun mandi, hingga pasta gigi. Terlebih apabila merek tersebut menawarkan diskon besar-besaran, sangat mungkin Anda tergoda dan membelinya dalam jumlah besar.

Akan tetapi, jangan sampai Anda jatuh dalam perangkat diskon merek terkenal. Karena hal itu hanya akan membuat Anda jadi lebih boros dan menghabiskan uang untuk barang yang mungkin tidak terlalu Anda butuhkan. Usahakan untuk melakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Jika Anda bisa membeli produk yang tidak kalah berkualitas plus harga murah, kenapa tidak?

Susun daftar menu mingguan

Salah satu item yang pasti Anda beli saat belanja bulanan adalah bahan makanan. Entah itu saus sambal kesukaan Anda atau mi instan untuk persiapan. Namun, jika tidak cukup teliti Anda bisa berakhir pada membeli bahan-bahan makanan yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Untuk itu, cobalah menyusun daftar menu makanan setiap mingguan untuk dijadikan panduan.

Apabila Anda sudah menentukan menu makanan yang ingin dimasak setiap minggunya, akan lebih mudah bagi Anda untuk membeli berbagai bahan makanan yang memang Anda butuhkan. Selain meminimalisir kemungkinan membeli bahan makanan yang mubazir, otomatis Anda juga menjadi jauh lebih hemat karena hanya membeli bahan yang benar-benar diperlukan.

Burulah barang diskon

Satu lagi cara ampuh untuk menghemat uang belanja bulanan yang harus Anda ketahui, memburu barang diskon. Diskon bisa jadi penawaran yang menggoda dan pantas dimanfaatkan, apalagi jika barang diskon tersebut sesuai dengan daftar belanja Anda. Yang perlu Anda perhatikan dalam memburu diskon pastinya harus sadar budget, teliti, dan membeli sesuai daftar prioritas.

Misalnya sabun mandi yang ingin Anda beli tengah diskon beli 2 gratis satu, jika Anda sebenarnya hanya butuh 1 bulan ini, Anda tetap bisa membeli dua. Dengan begitu dua bulan ke depan Anda tidak perlu membeli sabun mandi, sehingga otomatis budget sabun mandi bisa Anda hapus dua bulan ke depan. Pastikan Anda memang membeli barang diskon yang benar-benar dibutuhkan. Agar setelah membelinya, Anda tidak menyesal.

 

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat belanja Anda. Pastikan Anda melakukan sejumlah cara di atas agar Anda dapat memenuhi berbagai kebutuhan dengan biaya yang tidak memberatkan, ya. Semoga bermanfaat!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.