Cara Riset Pasar Sebelum Memulai Usaha Kuliner

3 April 2018 | 21:54

Sebelum memulai sebuah usaha, Anda perlu melakukan riset pasar. Apalagi jika usaha yang ingin Anda mulai adalah bisnis kuliner. Kuliner memang bisnis yang menjanjikan, namun dengan banyaknya produk yang kini ditawarkan, mengetahui kondisi pasar sebelum memulai bisa jadi langkah yang bijaksana dan hasilnya bisa Anda pertimbangkan. Berikut cara melakukan riset pasar sebelum memulai usaha kuliner yang harus Anda ketahui!

Tentukan produk dan pelanggan incaran

Untuk melakukan riset pasar dengan maksimal, Anda perlu terlebih dahulu menentukan produk dan pelanggan incaran. Apakah produk kulinermu itu berupa jajanan ringan, atau makanan berat, manis atau asin, dan sebagainya. Jika sudah menentukan produk, lebih mudah untuk selanjutnya menentukan pelanggan incaran Anda. Misalnya Anda ingin membuka usaha rumah makan, mungkin pelanggan incaran Anda adalah orang dewasa atau sudah bekerja.

Hal ini penting karena tentunya sulit bagi Anda untuk menarik semua orang terhadap bisnis Anda. Produk dan pelanggan yang terperinci akan membuat Anda lebih mudah meraih hasil riset yang akurat. Kelompokkanlah pelanggan incaran Anda dalam kategori jenis kelamin, usia, tingkatan ekonomi, hingga kebiasaan-kebiasaan pendukung lainnya. Pria berusia 20-45 tahun, sudah bekerja, kelas menengah.

Lakukan survey

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset pasar adalah dengan melakukan survey. Survey memiliki banyak jenis, mulai dari angket, kuisioner, hingga wawancara langsung. Ketiga jenis survey ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah yang menurut Anda paling efektif dan bisa Anda lakukan.

Melalui survey, Anda akan mendapatkan data mengenai seberapa besar minat target pasar Anda terhadap produk kuliner yang ingin Anda jual nantinya. Dengan mengetahui minat tersebut, tentu selanjutnya Anda dapat mempertimbangkan peluang yang ada serta sejumlah inovasi produk yang bisa dilakukan. Ingat bahwa pasar selalu berkembang dan mendapat informasi terbaru selalu dibutuhkan.

Mengamati perkembangan pasar

Anda juga bisa melakukan riset pasar dengan cara mengamati perkembangan pasar. Perkembangan pasar harus Anda perhatikan karena seiring berjalannya waktu, pasar terus berubah dan Anda harus selalu update terhadap perubahan tersebut. Anda bisa mengamati dan mengobservasi perkembangan pasar dengan cara melihat tren yang ada di tengah masyarakat. Ketahuilah produk apa yang tengah diincar dan amati produk yang sudah ada di pasaran sebagai bahan perbandingan.

Dengan begitu, Anda dapat memutuskan dengan bijak apakah produk yang ingin Anda jual bisa mendapatkan tempat. Hasil riset pasar ini nantinya juga bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk yang sudah Anda rancang. Pastinya pertimbangan harus Anda lakukan dengan matang. Karena pastinya Anda tidak ingin memulai hanya untuk gagal.

Manfaat riset pasar

Karena merupakan sebuah usaha mengumpulkan informasi terkait masyarakat yang akan menjadi target bisnis Anda, tentu riset pasar membawa manfaat yang cukup banyak. Berikut diantaranya:

1.       Anda dapat mengetahui karakter calon pembeli produk kuliner Anda dan seberapa besar jumlah pembeli yang bisa Anda dapatkan

2.       Anda dapat mengetahui apakah produk kuliner Anda memang memiliki kesempatan untuk bersaing di tengah berbagai produk kuliner yang telah ada. Jangan sampai Anda menghadirkan produk kuliner yang sudah banyak dijual di pasaran tanpa menghadirkan kelebihan yang bisa Anda jual

3.       Anda dapat mengetahui siapa saja yang memiliki potensi untuk menjadi pesaing Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan sejumlah strategi untuk memenangkan persaingan tersebut

4.       Anda juga dapat mengetahui bagaimana hambatan yang mungkin akan Anda hadapi ke depannya. Jika sudah mengetahui berbagai hambatan yang ada, seperti misalnya supplier yang minim hingga sempitnya peluang, Anda dapat memutar otak untuk menemukan solusinya.

Melakukan riset pasar sebelum memulai usaha kuliner memang sangat diperlukan. Karena hasilnya bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Pastikan Anda memutuskan dengan bijaksana melalui kondisi pasar yang sebenarnya. Semoga bermanfaat, ya!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.