Martial Arts, Olahraga yang Sedang Digandrungi di Jakarta

3 April 2018 | 21:56

Belakangan, seni bela diri campuran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mix Martial Arts (MMA) makin digandrungi, khususnya di Jakarta. Berbagai tempat latihan seni bela diri satu ini mulai bermunculan dengan peminat yang cukup besar. MMA sendiri merupakan salah satu olahraga modern yang lahir seiring munculnya UFC (ultimate fighting championship) pada tahun 1993. Berikut informasi mengenai MMA yang perlu Anda ketahui!

Gabungan gerakan seni bela diri

Sesuai namanya, MMA merupakan seni bela diri campuran dengan jenis olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan seperti pergumulan, tendangan, dan pukulan. Berbagai gerakan MMA merupakan kombinasi teknik dari berbagai cabang seni bela diri. Karena semakin populer, di lokasi fitness atau gym kini MMA masuk sebagai salah satu jenis olahraga bela diri yang diajarkan.

Mulanya, MMA masuk ke Indonesia pada tahun 2002 melalui tayangan pertarungan yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta. Meskipun MMA sejatinya merupakan seni bela diri yang diaplikasikan dalam sebuah pertandingan resmi, seiring perkembangan dan semakin besarnya ketertarikan terhadap olahraga ini, kini MMA menjelma sebagai gaya hidup dan jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jenis MMA

Karena merupakan kombinasi berbagai teknik cabang bela diri, tak heran jika MMA memiliki jenis yang cukup beragam. Berikut diantaranya:

1.      Boxing

Boxing atau tinju adalah kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh seorang fighter MMA. Olahraga dan seni bela diri yang menampilkan pertandingan dua orang partisipan dengan berat serupa ini menggunakan teknik tinju. Dalam kelas boxing pusat kebuguran, biasanya Anda akan dilatih melakukan gerakan tinju dengan benar didampingi instruktur khusus dengan tujuan kebugaran.

2.      Muay Thai

Seni bela diri yang berasal dari Thailand ini merupakan seni bela diri keras yang mirip dengan boxing. Muay Thai sendiri sering disebut sebagai “Seni Delapan Tungkai” atau “Ilmu Delapan Tungkai” karena menawarkan berbagai teknik yang sarat pukulan (chok), tendangan, siku, (tee sok) hingga serangan lutut (tee kao) yang menggunakan delapan titik kontak.

3.      Jiu Jitsu

Aliran bela diri asal Jepag ini pada dasarnya merupakan bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif. Jiu Jitsu menggunakan “Yawara-gi” atau berbagai teknik yang bersifat fleksibel untuk menghadapi serangan lawan tanpa kekuatan melainkan dengan cara “menipu”. Sehingga, serangan yang dilancarkan oleh lawan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri. Seni bela diri lain yang memiliki konsep serupa adalah Aikiod dan Judo.

4.      Capoeira

Seni bela diri satu ini merupakan sebuah sistem bela diri tradisional yang lahir di Brasil. Berasal dari budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brasil untuk dipekerjakan pada sejumlah perkebunan besar. Di pusat kebugaran, biasanya seni bela diri satu ini diajarkan dalam kelas “Body Combat” yang fokus terhadap berbagai gerakan bela diri. Dalam Capoeira, kelenturan tubuh dan pengencangan otot, kaki, dan paha dapat dilatih dengan maksimal.

Manfaat MMA

Tentu latihan fisik satu ini dilakukan bukannya tanpa manfaat. Banyak manfaat yang didapat dari melakukan MMA, berikut diantaranya:

1)     Membangun kekuatan internal dalam tubuh. MMA juga dapat menjaga kondisi mental tetap stabil, meningkatkan fleksibilitas, serta menimbulkan keseimbangan dalam tubuh dan membuatnya tahan terhadap penyakit

2)     MMA juga bisa membuat Anda merasa lebih energik. Apabila latihannya dilakukan secara teratur, tubuhmu akan merasa lebih berenergi sehingga menjadi lebih bugar dan bersemangat

3)     Meningkatkan stamina, kelincahan, dan dapat membantu mengatasi nyeri sendiri dan memperkuat otot tubuh

4)     Dapat menurunkan kadar kolesterol serta menjaga tekanan darah dalam tubuh Anda. Sehingga Anda dapat mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan berbagai jenis penyakit lainnya

5)     Baik dilakukan bagi Anda yang menderita insomnia karena dapat membuat Anda tidur dengan nyenyak

Itulah informasi mengenai MMA yang kini tengah digandrungi di Jakarta. Dengan menawarkan banyak jenis serta manfaat, tidak heran jika MMA menjadi pilihan. Tertarik untuk mencoba? Good luck, ya!

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.