Tertarik Jalani Bisnis Franchise? Ini Budget Yang Harus Anda Keluarkan

4 April 2018 | 18:54

Bisnis franchise atau wara laba semakin digandrungi karena menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda andalkan. Namun, sama seperti bisnis lain pada umumnya, Anda membutuhkan sejumlah uang sebagai modal awal sebelum ikut dalam bisnis satu ini. Berapa budget yang harus Anda miliki dan keluarkan untuk mengikuti bisnis franchise ini? Berikut informasinya!

Jenis franchise dengan modal kecil namun menguntungkan

Jumlah uang yang harus Anda keluarkan sebagai modal franchise tentunya beragam. Jika Anda baru ingin mencoba menjalankan bisnis franchise dengan jenis yang bermodal kecil namun tetap menguntung, selalu ada pilihan. Berikut beberapa jenisnya:

  • Bisnis franchise minuman dan makanan

Bisnis franchise di bidang minuman dan makanan bisa dibilang cukup menjanjikan. Karena pastinya, semua orang butuh minum dan makan setiap harinya. Kesempatan mereka mengonsumsi minuman dan makanan yang Anda jual juga bisa jadi cukup besar. Namun, terkadang memutuskan membuka bisnis minuman dan makanan dari awal cukup sukar dilakukan.

Sementara itu, melalui bisnis franchise Anda bisa dengan lebih mudah memulai usaha di bidang minuman dan makanan. Tentu dengan membeli usaha franchise yang sudah mapan dan brand yang cukup terkenal. Jenis kuliner bermodal kecil juga cukup banyak, mulai dari fried chicken, restoran Hj Fatmawati, Lele Corner, Bebek Garang, dan berbagai franchise kuliner lainnya.

  • Bisnis franchise laundry dan cleaning service

Laundry dan jasa kebersihan atau cleaning service juga merupakan bisnis franchise yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil dan keuntungan cukup besar. Yang perlu menjadi catatan adalah Anda harus jeli melihat lokasi usahanya. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis untuk memperbesar potensi bisnis yang sukses. Misalnya di daerah perumahan, dekat dengan lokasi kost-kostan, kampus, pusat perkantoran, dan berbagai tempat strategis lainnya.

  • Bisnis franchise kesehatan dan kecantikan

Setiap orang cenderung ingin tampil cantik dan pastinya memiliki tubuh yang sehat. Kebutuhan akan kecantikan dan kesehatan merupakan kebutuhan utama manusia modern, selain minuman dan makanan tentunya. Anda bisa membuka bisnis franchise berupa salon, pijak refleksi, spa, hingga tempat fitness. Potensinya cukup menjanjikan dan bisa jadi peluang usaha yang Anda andalkan.

  • Bisnis franchise bidang jasa pelatihan dan pendidikan

Binsis franchise dalam kedua bidang ini cukup banyak di Indonesia. Misalnya Primagama, English First, LP3I, dan lain sebagainya. Apabila Anda tertarik menjalankan bisnis di kedua bidang ini, Anda bisa segera merealisasikannya karena bisnis franchise satu ini memerlukan modal dalam jumlah yang cukup terjangkau.

Modal usaha franchise

Tentu Anda membutuhkan informasi modal bisnis franchise sebagai gambaran. Berikut informasinya:

  • Franchise otomotif

Ragam franchise otomotif cukup banyak. Mulai dari CheapNClean, High Definition Car Care, King Auto Interior, hingga Autocare Center yang mengkhususkan diri dalam bidang usaha perawatan kendaraan bermotor. Modal usaha yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah kurang lebih Rp 120 juta. Biaya ini sudah termasuk pemakaian merek dagang, alat dan perlengkapan usaha, promosi, pelatihan usaha, dan lain sebagainya.

  • Franchise minuman

Modal yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis franchise minuman sekitar Rp 10 juta. Biaya ini sudah termasuk pemberian satu buah gerobak atau booth, peralatan dan perlengkapan usaha, bahan baku, banner promosi, buku manual, seragam karyawan, pelatihan usaha dan berbagai hal lainnya. Beberapa pilihannya mulai dari Semerbak Coffee Blend, Pasco, Cappuccino Cincau, Kedai Kopi Kapal Api, dan sebagainya.

  • Franchise makanan

Salah satu jenis franchise makanan yang bisa Anda pilih adalah mi ayam grobakan. Kuliner satu ini memiliki cita rasa yang enak dan hampir disukai semua orang plus dijamin halal. Apabila tertarik, Anda butuh modal mulai dari Rp 45 juta. Selain mi ayam grobakan, Anda juga memilih franchise makanan lain seperti martabak mini afrika waka-waka, arumanis rainbow, bakso kaget, pizza hut, donat madu chianjuang, dan lain sebagainya.

Franchise makanan dengan modal kecil dibawah Rp 10 juta juga bisa Anda piluh. Ada Donat Bakar yang modal awalnya mulai dari Rp 7,5 juta, Bowl Ice Cream Rp 6 juta, Mosco Blend Rp 5 juta, Mie Goreng Umihantsa Rp 8 juta, hingga Galaxy Pertamini Rp 9,7 juta.

Itulah informasi mengenai jumlah budget yang harus Anda miliki dan keluarkan untuk mengikuti bisnis franchise. Mengingat berbagai keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan, apakah menurut Anda modal tersebut layak Anda keluarkan? Pikirkanlah dengan bijaksana dan good luck, ya!

 

Rekomendasi