Apa Itu Kalkulator Finansial? Apa Untungnya bagi Anda yang Ingin Berinvestasi?

5 April 2018 | 18:57

Di zaman sekarang, menabung saja tidak cukup untuk mengumpulkan uang demi memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Bukan hanya karena kebutuhan yang semakin meningkat, tetapi juga tingkat inflasi yang cukup tinggi. Per tahunnya, rata-rata tingkat inflasi di Indonesia adalah 5,94%. Sedangkan, tingkat bunga pada tabungan bank biasanya tidak mencapai angka tersebut.

Sebagai gantinya, Anda pun disarankan untuk melakukan investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, beberapa di antaranya seperti saham, obligasi, emas, dan reksa dana. Setiap instrumen investasi bisanya mengharuskan Anda untuk menyetor dana per bulan selama jangka waktu tertentu. Namun, bagaimana Anda bisa yakin bahwa Anda mampu terus menyetor dana tersebut? Di sinilah kalkulator finansial dapat membantu Anda.

Apa yang dimaksud dengan kalkulator finansial?

Kalkulator finansial adalah sebuah kalkulator online yang dapat membantu mempersiapkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan. Caranya yakni dengan menghitung biaya serta waktu yang akan Anda butuhkan dalam mencapai tujuan keuangan tersebut. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk mengetahui berapa banyak dana yang harus Anda investasikan.

Misalnya, Anda berencana untuk berinvestasi properti melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan menggunakan kalkulator finansial, Anda bisa mengetahui berapa cicilan KPR yang harus Anda bayar per bulannya jika tenor berjalan selama waktu yang Anda tentukan. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan kemampuan finansial Anda.

Berbagai macam kalkulator finansial

Ada cukup banyak jenis kalkulator finansial yang tersedia di ranah online. Biasanya, kalkulator finansial ini dibagi berdasarkan jenis instrumen investasi. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Kalkulator kartu kredit – membantu menghitung jumlah akumulasi dari pembelian menggunakan kartu kredit dan bunganya.
  • Kalkulator KPR – membantu menghitung jumlah cicilan pembelian properti dengan memasukkan berbagai informasi finansial, seperti harga rumah, penghasilan bulanan, uang muka, dan sebagainya.
  • Kalkulator Kredit Kendaraan Bermotor – membantu menghitung jumlah cicilan pembelian kendaraan bermotor (biasanya mobil) dengan memasukkan berbagai informasi finansial, seperti harga rumah, penghasilan bulanan, uang muka, dan sebagainya.

Investor dapat menyesuaikan kemampuan investasi

Investasi merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup, apalagi aktivitas ini berhubungan dengan finansial individu. Wajar apabila seseorang melakukan banyak pertimbangan sebelum memilih investasi. Salah satu pertimbangan tersebut adalah kemampuan mereka dalam membayar cicilan investasi. Nah, kalkulator finansial dapat membantu Anda untuk menyesuaikan investasi dengan kemampuan finansial.

Sebagai contoh, Anda berencana untuk berinvetasi properti melalui KPR. Saat ini, Anda memiliki simpanan sekitar Rp50 juta untuk membayar DP. Melalui kalkulator, Anda bisa mengetahui berapa cicilan yang harus dibayar per bulan dengan memasukkan data-data penting seperti harga rumah, uang muka, tenor yang dikehendaki, suku bunga, dan sebagainya. Dari hasil yang didapat, Anda bisa menentukan apakah jumlah tersebut sesuai dengan kemampuan membayar Anda.

Mengetahui hasil jumlah investasi yang didapat

Sebagai calon investor, wajar apabila Anda ingin mengetahui jumlah investasi yang didapat pada akhir tenor. Hal ini juga bisa Anda lakukan melalui kalkulator finansial dengan memasukkan jumlah investasi, tenor, dan bunganya. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui investasi mana yang memberikan keuntungan paling menjanjikan.

Tak hanya itu, biasanya kalkulator finansial yang menghitung hal tersebut juga akan menyertakan asumsi inflasi per tahun sehingga Anda dapat mengetahui investasi mana yang bisa sejalan dengan nilai uang.

 

Di samping menggunakan kalkulator investasi untuk memaksimalkan keuntungan investasi, Anda juga bisa mendapat penghasilan melalui COMM Entrepreneur, yakni sebuah aplikasi digital dari Commonwealth Life yang dapat membantu Anda untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengenal Commonwealth Life dengan lebih baik sehingga nantinya juga bisa membantu nasabah menggunakan kalkulator finansial saat berinvestasi.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.