5 Kelebihan Anda Mempunyai Financial Advisor

5 April 2018 | 22:44

Meski sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, keuangan tetap merupakan hal yang cukup tricky untuk dikelola. Kebanyakan orang biasanya merasa kewalahan untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran sehingga kondisi finansial mereka pun tak jarang berantakan. Nah, seorang financial advisor dapat membantu Anda untuk menangani hal tersebut.

Financial advisor dapat diartikan sebagai seorang tenaga profesional yang berperan membantu orang lain dalam mengelola keuangan, yakni dengan memberikan konsultasi berdasarkan permintaan klien atau nasabah. Tentunya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa financial advisor. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

Membantu menentukan tujuan keuangan

Setiap pengelolaan keuangan sudah seharusnya memiliki tujuan. Misalnya, katakanlah Anda berencana untuk melakukan investasi. Nah, apa tujuan Anda dalam berinvestasi? Apakah investasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, sedang, atau panjang? Pasalnya, dengan adanya tujuan, Anda bisa menentukan jumlah keuntungan yang ingin didapatkan dari investasi tersebut.

Masalahnya, tidak semua orang bisa dengan mudah menentukan tujuan keuangan tersebut. Di sinilah financial advisor dapat membantu Anda. Mereka akan memandu Anda untuk memilah kebutuhan hidup berdasarkan prioritas, menentukan tujuan keuangan, lalu membantu Anda untuk meraih tujuan tersebut.

Memonitor kondisi pasar

Agar dapat mencapai tujuan keuangan, beberapa investasi biasanya harus dilakukan pada waktu-waktu tertentu yang sekiranya tepat. Saham, misalnya, mengharuskan Anda untuk memantau kondisi bursa saham. Atau mungkin ternyata tingkat inflasi pada tahun tertentu cenderung tinggi sehingga berimbas pada kondisi pasar investasi. Financial advisor akan berusaha membantu Anda untuk menemukan investasi yang tepat pada waktu yang tepat pula sehingga Anda akan mendapat keuntungan maksimal.

Membantu mengenali profil risiko nasabah

Selain kondisi pasar, investasi juga idealnya disesuaikan dengan profil risiko klien atau nasabah. Tidak semua orang sudah mengetahui profil risiko masing-masing sehingga bantuan financial advisor sangat diperlukan. Ada tiga jenis profil risiko yang dikenal dalam investasi, yakni konservatif, moderat, dan agresif.

Profil konservatif biasanya memiliki toleransi risiko yang rendah sehingga cenderung memilih instrumen investasi yang “aman” seperti deposito. Sedangkan, profil moderat cenderung berani mengambil risiko lebih besar walau tetap sangat berhati-hati. Salah satu investasi yang cocok adalah reksadana campuran. Sementara itu, profil agresif cenderung berani mengambil risiko yang tinggi sehingga tak ragu menempatkan sebagian besar dana pada investasi berisiko seperti saham.

Mengelola keuangan setepat mungkin

Mengatur keuangan itu tidak mudah. Tidak sedikit orang yang terpaksa membobol tabungan sebelum gajian karena gaji mereka sebelumnya sudah habis digunakan. Hal ini tentu akan menghambat Anda dalam mencapai tujuan keuangan. Karenanya, financial advisor akan membantu Anda dalam mengatur keuangan secara tepat, misalnya membantu mengalokasikan pengeluaran, menyesuaikan gaji dengan gaya hidup, dan sebagainya.

Memberikan solusi atas masalah keuangan

Dalam mencapai tujuan keuangan, pasti Anda akan dihadapkan dengan berbagai tantangan, entah itu adanya pengeluaran darurat, kehilangan uang, atau yang lainnya. Bukan tidak mungkin rencana keuangan akan meleset. Namun, Anda tak perlu khawatir karena financial advisor akan membantu Anda untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Mereka memberikan berbagai saran atau masukan yang berguna untuk mencapai tujuan keuangan.

 

Financial advisor memiliki peran yang sangat penting terhadap kondisi finansial seseorang. Commonwealth Life berkomitmen membantu Anda melalui financial advisor yang berpengalaman. Bahkan, jika tertarik menjadi financial advisor Commonwealth Life, Anda juga bisa melakukannya melalui COMM Entrepreneur, sebuah aplikasi digital yang memungkinkan Anda untuk tumbuh bersama 6.000 financial advisor Commonwealth Life lain di seluruh Indonesia. Segera download aplikasinya di App Store atau Google Play! 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.