Apa yang Harus Dipersiapkan Ketika Banyak Pekerjaan di Luar Kantor Saat Puasa

2 Mei 2018 | 22:09

Saat puasa kondisi tubuh memang sedikit berbeda jika dibandingkan hari-hari biasa di luar bulan Ramadhan. Terlebih Anda yang punya banyak pekerjaan di luar kantor, saat puasa tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Nah, beberapa hal berikut ini dapat Anda persiapkan agar pekerjaan di luar kantor tetap dapat diselesaikan dengan baik tanpa perlu membatalkan puasa. Simak baik-baik, ya!

Awali hari dengan olahraga ringan

 

Kesehatan dan kebugaran tubuh adalah kunci utama dibalik kesuksesan pekerjaan dan ibadah yang Anda lakukan. Untuk itu, disarankan agar Anda meluangkan waktu berolahraga setiap pagi dan sore hari. Tak perlu melakukan olahraga berat yang justru membuat Anda kelelahan, cukup berjalan santai keliling kompleks perumahan saja. Selain memperlancar peredaran darah dalam tubuh, olahraga ini juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan tidak mudah loyo.

Konsumsi makanan yang bergizi

Demi menjaga stamina dan energi tubuh untuk pekerjaan di luar kantor, selama puasa sebaiknya Anda lebih memperhatikan asupan makanan. Hindari makanan bersantan dan pedas yang berpotensi membuat Anda mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, hindari pula makanan terlalu asin yang akan membuat Anda merasa cepat haus karena garam bersifat mengikat cairan dalam tubuh.

Sebaliknya, Anda lebih baik mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat dan zat besi yang baik untuk tubuh dan mencegah sembelit. Lengkapi dengan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin C agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sehingga Anda tidak mudah sakit.

Perbanyak minum air putih

Alih-alih minum minuman berenergi, air putih jauh lebih baik untuk tubuh Anda. Umumnya, dalam satu hari orang dewasa membutuhkan asupan air minimal 1 Liter atau 8 gelas. Saat berpuasa, Anda bisa membagi 4 gelas air putih saat berbuka dan sisanya ketika sahur. Air putih ini dapat mencegah tubuh dari dehidrasi dan mempertahankan daya konsentrasi. Jadi, pekerjaan di luar kantor tetap terselesaikan dengan cepat dan tepat karena Anda tetap fokus dalam bekerja.

Buat daftar tugas-tugas yang harus diselesaikan

Untuk memudahkan pekerjaan di luar kantor, biasakan untuk membuat daftar tugas-tugas yang harus diselesaikan terlebih dulu. Daftar ini nantinya akan membantu Anda dalam memilah tugas mana yang harus diprioritaskan. Selain itu, berkat bantuan daftar rincian tugas maka pekerjaan Anda lebih terarah dan terukur dengan mudah. Tidak ada lagi teguran dari atasan karena ada pekerjaan yang terlewatkan.

Atur waktu dengan efektif dan efisien

Mengingat saat puasa tubuh lebih mudah terasa lemas terlebih saat banyak pekerjaan di luar kantor, maka cobalah untuk mengatur waktu dengan lebih baik lagi. Pastikan Anda memanfaatkan jam istirahat siang untuk beribadah dan menenangkan pikiran sejenak dari kegiatan yang begitu padat, jika memungkinkan manfaatkan waktu untuk tidur. Di malam hari, pastikan Anda tidak begadang agar tidak mudah mengantuk di siang harinya.

 

Ternyata ada cukup banyak hal yang harus Anda persiapkan ketika mendapat banyak pekerjaan di luar kantor selama berpuasa. Namun, dengan tips-tips tadi Anda tetap bisa menjalankan ibadah dan tanggung jawab pekerjaan dengan baik. Semoga bisa membantu Anda tetap produktif selama berpuasa sebulan penuh. Have a nice day!

 

 

Rekomendasi