Puru Kambera: Keindahan Daratan Nusa Tenggara Timur khas Afrika

4 Mei 2018 | 22:37

Tak perlu jauh-jauh pergi ke daratan Afrika, di Indonesia Anda juga dapat menemukan landskap alam berupa padang rumput yang begitu indahnya. Terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Puru Kambera menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Puru Kambera ini sebenarnya sudah lama ada, tapi namanya baru didengar publik sejak jadi trending topik di media sosial beberapa waktu lalu. Penasaran seperti apa? Yuk simak!

 

Lokasi Puru Kambera

 

Untuk yang tertarik berkunjung ke Puru Kambera pada libur lebaran nanti, padang savana ini berada di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berjarak 24 kilometer dari pusat kota Waingapu, Puru Kambera ini dapat dituju dengan menempuh waktu berkendara selama kurang lebih satu jam. Anda bisa menyewa kendaraan pribadi, baik motor atau mobil yang ditawarkan oleh penduduk setempat.

Waktu terbaik ke Puru Kambera

Pada dasarnya Anda bisa berkunjung ke Puru Kambera setiap saat, namun waktu terbaiknya ada di musim kemarau yaitu pada bulan April – Oktober. Pasalnya, di saat tersebut padang savana Puru Kambera akan dihiasi rerumputan yang mengering dan menunjukkan warna kecoklatan, seperti yang biasa Anda saksikan pada liputan alam daratan benua Afrika. Berpadu dengan warna langit yang biru, dijamin feed media sosial Anda akan dibanjiri like.

Ada kuda liar juga!

Padang savana Puru Kambera bisa menjadi spot yang bagus untuk mengambil foto. Jika beruntung, Anda juga akan melihat sekumpulan kuda liar maupun zebra, dan hewan lain di padang savana tersebut. Pastikan Anda memakai kacamata dan topi agar terhindar dari paparan sinar matahari yang cukup menyengat di musim kemarau. Jangan lupa, oleskan tabir surya untuk mencegah kulit jadi belang.

Dekat wisata pantai terkenal

Selain menawarkan landskap alam berupa padang savana yang begitu eksotis, Puru Kambera sendiri lebih dikenal sebagai nama pantai yang terkenal di Sumba Timur. Keduanya hanya berjarak tak lebih dari 2 kilometer. Jadi, Anda juga bisa menyertakan pemandangan lautan biru sebagai background foto yang diabadikan dalam kamera. Menjelang matahari terbenam, pemandangan alam di Puru Kambera bahkan dua kali lipat lebih indah!

Jangan lewatkan kesempatan diving

Puas berkeliling padang savana Puru Kambera, Anda bisa melanjutkan petualangan menuju pantai Puru Kambera yang juga tak kalah indahnya. Air laut di sana begitu jernih sehingga Anda berkesempatan untuk menjelajah keindahan alam bawah lautnya. Tenang saja, ombak di pantai Puru Kambera cukup tenang dan aman untuk dijadian spot diving. Warna-warni terumbu karang di bawah laut Puru Kambera dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama di bawah laut.

 

Itulah tadi keindahan pesona alam Puru Kambera di Nusa Tenggara Timur yang sangat kental dengan nuansa daratan Afrika. Jadi, buat apa jauh-jauh ke luar negeri jika alam Indonesia masih begitu indah untuk dijelajahi? Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup saat menjelajah destinasi wisata yang ada. Dengan begitu, alam Indonesia akan semakin menarik kunjungan wisatawan domestik dan internasional.

 

Tunggu apalagi? Siapkan ransel Anda sekarang juga. Happy holiday!

 

Rekomendasi