5 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

5 Mei 2018 | 22:55

Mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apakah Anda salah satunya? Kuliah di luar negeri selain memberikan kesempatan dalam menuntut ilmu dan menambah pengalaman yang berbeda, juga dapat menghadirkan prestige tersendiri bagi Anda. Sayangnya, mendapatkan beasiswa luar negeri tidaklah semudah itu. Anda perlu persiapan yang matang agar dapat meyakinkan pihak pemberi beasiswa tersebut.

Untuk itu, lakukan lima hal ini agar Anda dapat melewati proses seleksi dan mendapatkan beasiswa luar negeri dengan mudah. Yuk simak!

 

Belajar bahasa asing

Bahasa adalah modal utama Anda berkomunikasi selama berada di luar negeri. Sebelum mengikuti program beasiswa, ada baiknya jika Anda terlebih dulu mempelajari bahasa asing dengan baik. Ambillah kursus bahasa, misalnya bahasa Inggris yang akan mendukung komunikasi Anda selama kuliah di luar negeri. Hal ini juga berperan penting agar Anda dapat berkomunikasi dengan lawan bicara serta belajar di perkuliahan dan membaca buku kuliah.

Berlatih belajar mandiri

Boleh jadi program pembelajaran di luar negeri berbeda dengan yang ada di Indonesia. Maka dari itu, cobalah untuk belajar mandiri dari sekarang agar tidak terkejut saat berada di luar negeri sendiri. Kehidupan di Indonesia dan luar negeri akan sangat berbeda seperti saat Anda mencari makan, beli kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Dengan demikian, penting sekali untuk selalu terbiasa mandiri untuk diri sendiri.

Tentukan perguruan tinggi tujuan dengan tepat

Untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, tentu Anda sudah harus memiliki pilihan jurusan dan perguruan tinggi yang tepat sesuai dengan keinginan. Setiap jurusan dan juga universitas itu sendiri, akan memiliki peringkat yang menjadi nilai di dalam dunia pendidikan internasional. Peringkat jurusan ini tentu akan berbeda dengan peringkat universitas, sebab keduanya memiliki kriteria yang berbeda. Pertimbangkan juga hal-hal ini sebelum memilih universitas tujuan.

Jangan lupa, kumpulkan juga informasi yang lengkap mengenai proses serta persyaratan apa saja yang akan dibutuhkan untuk mendaftar di sana. Hal ini sangat penting untuk diketahui sejak awal, agar Anda dapat mempersiapkannya dengan matang.

Lengkapi persyaratan

Setelah menemukan perguruan tinggi yang paling tepat, mulailah untuk melengkapi semua persyaratan untuk pendaftaran dan juga pengajuan beasiswa tersebut. Pastikan Anda telah mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, sehingga proses pendaftaran nanti dapat berjalan dengan lancar. CV, surat referensi dan juga motivation letter adalah hal yang wajib untuk disertakan dalam lamaran ini, jadi pastikan kamu sudah menyusunnya dengan baik.

Pelajari budaya negara tujuan

Tak ada salahnya jika Anda mempersiapkan diri dengan mempelajari budaya negara tujuan untuk menghindari adanya culture shock. Setiap negara memiliki adat dan budaya yang berbeda sehingga akan berpengaruh juga dengan bagaimana Anda bersosialisasi nantinya. Selain itu, cuaca dan musim setiap negara juga penting untuk diketahui sehingga Anda bisa mempersiapkan perlengkapan apa saja yang harus dibawa selama mengikuti program beasiswa luar negeri tersebut.

 

Bagaimana sudah siap melakukan lima hal tadi agar mulus mendapatkan beasiswa luar negeri? Jika masih gagal, Anda masih memiliki banyak kesempatan lainnya. Jangan menyerah hanya karena mengalami satu kali kegagalan, sebab selalu ada kemungkinan ketika kamu mencobanya kembali di masa yang akan datang. Belajarlah dari kegagalan dan upayakan untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Semoga berhasil!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.