Mendapatkan Penghasilan Tambahan Saat Kuliah? Begini Caranya

7 Mei 2018 | 21:26

Mungkin sekarang beberapa jurusan kuliah di Indonesia sudah mengharuskan mahasiswa untuk mengambil entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib. Tujuan dari mata kuliah tersebut sudah jelas, yakni mengajarkan setiap mahasiswa untuk berbisnis dan mengetahui langkah-langkah dalam berbisnis. Walaupun tujuan awal dari mendirikan bisnis adalah mendapatkan keuntungan, ada banyak sekali manfaat lain yang bisa Anda pelajari. Misalnya berkomunikasi terhadap orang lain, membuat business plan, sampai bertanggung jawab.

Jika Anda sekarang sedang berkuliah mengandalkan uang beasiswa dan ingin memulai bisnis, kami akan memberikan cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan khawatir, bisnis yang akan kami utarakan ini tidak akan membebani perkuliahan Anda.

Menjadi dropshipper

Bisnis pertama yang sangat menguntungkan dan cocok bagi seorang mahasiswa adalah menjadi dropshipper. Dengan sistem dropshipper, Anda tidak perlu mempunyai produk terlebih dahulu karena hanya bertugas untuk memasarkannya. Jadi, misalnya Anda ingin menjual sepatu kasual, Anda tinggal memasarkan, tunggu transfer dari pembeli, baru Anda bisa mengirimkan barang ke pembeli tersebut. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, dropshipper bisa menjadi lebih mudah dengan menggunakan internet sebagai pemasarannya. Di sini Anda hanya bermodalkan memasarkan dan sudah mendapatkan keuntungan.

Menulis

Bisnis kedua adalah menulis. Cara ini sedang menjadi favorit para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, apalagi jika sebelumnya Anda adalah seorang blogger atau gemar menulis. Tetapi apakah semua kegiatan tulis menulis ini mendapatkan uang? Tidak juga, Anda harus benar-benar profesional dalam menulis dan fokus dalam satu hal. Misalnya, Anda bisa menulis khusus resensi buku, film, atau genre lain. Untuk mendapatkan uang dari menulis, Anda bisa membuat akun di situs freelance dalam dan luar negeri.

Menjadi tenaga pengajar

Bisnis selanjutnya adalah menjadi tenaga pengajar atau biasa disebut mengajar les privat. Mengajar les privat ini adalah bisnis populer di kalangan mahasiswa di jurusan pendidikan. Mereka berlatih kemampuan mengajar di les privat, dengan begitu ketika lulus nanti mereka tidak kaget mengajar. Selain itu, kelebihan dari mengajar les privat adalah Anda bisa mengatur waktu sesuai dengan jadwal kuliah. Biasanya, setiap kali mengajar les privat Anda akan mendapatkan sekitar 40 ribu sampai 50 ribu rupiah untuk sekali sesi.

Manfaatkan media sosial

Punya banyak followers di media sosial? Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari media sosial. Sekarang banyak sekali brand yang membutuhkan akun media sosial dengan followers cukup banyak, bahkan ada yang mencari followers lebih dari 1000. Lalu, bagaimana jika followers media sosial Anda sedikit? Jangan khawatir, Anda masih bisa membangun followers dengan membuat topik-topik tertentu untuk Twitter. Sedangkan, untuk Instagram Anda bisa menyiapkan foto dengan tema yang bagus.

Itulah beberapa bisnis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ketika kuliah. Semoga bisa Anda terapkan, ya.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.