Ajari Anak Soal Uang? Gunakan Tips Menyenangkan Ini

8 Mei 2017 | 23:15

Pendidikan keuangan sejak dini diperlukan agar kelak anak bisa mengelola keuangannya dengan baik. Namun, Anda perlu menemukan waktu yang tepat untuk memulai hal ini. Seiring bertambahnya usia, anak akan mulai membuat keputusan soal keuangan. Bagaimana mengajarkan konsep keuangan yang mudah sekaligus menyenangkan?
 

1.     Kenalkan uang melalui permainan

Permainan monopoli mengajarkan konsep penggunaan uang. Anak akan menggunakan uangnya untuk mendapatkan lebih banyak uang, juga menentukan prioritas kepentingan yang harus didahulukan dalam mengeluarkan uang. Selain itu, ada game Tycoon dan Cashflow yang juga mengajarkan anak cara mengelola keuangan.

 

2.     Gunakan celengan untuk menabung

Kebiasaan menabung akan membentuk pribadi yang tidak boros, lebih menghargai uang, dan memiliki tanggung jawab. Nah, celengan dapat mendorong kebiasaan untuk menabung. Belikan anak celengan dengan karakter kartun favorit. Lalu, biarkan ia melihat seberapa cepat uangnya bertambah dari hasil menyisihkan uang jajan.
 

3.     Libatkan anak dalam bisnis

Jika Anda memiliki bisnis sendiri, biarkan anak memegang peran kecil sesuai dengan kemampuannya. Perkenalkan bisnis kepada anak, misalnya dengan mengajaknya untuk melihat langsung kegiatan bisnis. Jika belum memiliki bisnis sendiri, Anda bisa coba memulai usaha kecil-kecilan seperti bisnis jajanan sekolah.
 

4.     Bawa anak ke bank dan buka rekening sendiri

Cara ini bisa dilakukan saat usia anak telah cukup atau setidaknya masuk sekolah. Ajak dan kenalkan anak pada tabungan sehingga mereka memiliki minat untuk menabung dan membuka rekening sendiri. Jika memungkinkan, Anda dapat mengenalkan berbagai produk perbankan lainnya.
 

5.     Ajarkan pencatatan keuangan sederhana

Orang tua bisa menjelaskan konsep uang masuk dan uang keluar yang sederhana. Anda bisa langsung mencontohkan cara melakukan pencatatan yang rapi dan teratur. Ajarkan anak untuk melakukan ini secara disiplin sehingga mereka mengetahui ke mana saja dan untuk apa saja uang dibelanjakan.
 
Untuk memberikan edukasi dasar mengenai perencanaan finansial kepada anak, Commonwealth Life juga memiliki fasilitas games interaktif. Games ini memiliki beberapa konsep pengaturan keuangan yang disertai ilustrasi interaktif dengan karakter-karakter lucu dan menarik. Beragam permainan ini dapat diakses melalui website, Ios, dan Android.

 

Tertarik untuk mulai mengajarkan konsep keuangan kepada buah hati? Jangan lupa, lakukan kegiatan ini dengan cara menyenangkan agar anak mudah memahami apa yang Anda sampaikan. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.