Asuransi dengan Investasi, Cermati Dulu Sebelum Beli

9 Mei 2017 | 00:03

 
Belakangan, produk asuransi sekaligus investasi (atau dikenal dengan unit link) berkembang tidak hanya sebagai proteksi, tetapi juga investasi. Uang yang disetorkan nasabah tidak hanya untuk membayar premi, tetapi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi melalui manajer investasi agar nilainya terus berkembang. Tak heran banyak konsumen tertarik pada unit link ketimbang asuransi tradisional yang hanya fokus pada proteksi.

Kekurangan Unit Link

Namun, jangan mudah terbuai dulu. Seperti produk investasi lainnya, unit link tidak bebas dari risiko, salah satunya penurunan nilai investasi. Konsumen tidak dapat melacak ke mana dananya diinvestasikan dan biaya apa saja yang harus dikeluarkan menyusul pilihan investasi tersebut. Selain itu, unit link juga kurang memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk menghentikan investasinya ketika mengalami kesulitan finansial.

Jangan berharap pula akan meraih investasi optimal di lima tahun pertama. Di periode tersebut, hasil investasi Anda akan dikurangi dengan biaya akusisi. Bahkan, ada produk unit link yang membebankan biaya akuisisi kepada nasabah hingga 41 persen dari setoran premi asuransi untuk lima tahun pertama.

Keuntungan Unit Link

Namun demikian, sebagai asuransi yang banyak dipilih, unit link juga memiliki beragam manfaat yang menguntungkan. Produk ini menawarkan beragam asuransi tambahan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berbeda dengan asuransi jiwa murni, premi yang dibayarkan tidak akan hangus dan bisa dicairkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
 
Unit link juga menawarkan masa pertanggungan yang panjang, bahkan melampaui masa pertanggungan yang ditetapkan asuransi jiwa murni. Produk asuransi yang fleksibel ini pun memudahkan Anda dalam menambah dana ataupun menarik dana tersebut. Fasilitas cuti premi memungkinkan Anda untuk cuti sementara dalam membayar premi.
 
INVESTRA Link sebagai salah satu produk Unit Link dari Commonwealth Life dapat menjadi pilihan tepat. Berbagai keunggulan ditawarkan, di antaranya memberikan manfaat perlindungan jiwa seumur hidup dengan beragam pilihan perlindungan asuransi tambahan dan penyakit kritis; memberikan perlindungan terhadap Penyakit yang Tidak Tersembuhkan; potensi hasil investasi optimal sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda; fasilitas Inflation Link untuk menjaga nilai ekonomis Uang Pertanggungan dari pengaruh inflasi.
 

Nah, cermati produk ini sebelum membeli agar tidak muncul masalah di kemudian hari. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.