Promosi Jabatan, Hindari 7 Kesalahan Ini

18 Mei 2017 | 23:41

Menanyakan soal promosi mungkin menjadi pengalaman paling menegangkan dalam karier Anda. Mengapa? Karena Anda harus menempatkan diri pada kondisi yang penuh risiko. Hal yang sering kali muncul ialah Anda tidak sadar telah melakukan beberapa kesalahan, seperti  tampil terlalu ambisius atau tidak fokus bekerja.

Sadarkah jika hal itu justru akan menghancurkan mimpi Anda?

Promosi adalah penghargaan dengan kenaikan jabatan dalam suatu perusahaan. Anda akan diberi tanggung jawab yang lebih berat, dan hal itu memungkinkan terjadinya kesalahan. Nah, kuncinya tidak hanya menghindari kesalahan, tetapi juga menjaga kesalahan sekecil mungkin dan menyelesaikan kesalahan secara efektif.

Yuk, kita pelajari 7 kesalahan yang sering dilakukan karyawan saat meminta promosi kepada atasan.
 

1. Terlalu menuntut

Banyak karyawan yang menginginkan kenaikan jabatan diikuti dengan keistimewaan lain, seperti gaji, tunjangan, dan berbagai fasilitas lain. Anda jadi terkesan banyak menuntut, dan itu akan membuat atasan berpikir ulang untuk mempromosikan Anda.
 
 

2. Berusaha terlalu keras

Jika berusaha terlalu keras, Anda bisa dianggap sebagai penjilat. Fokuslah untuk mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin dan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Cara itu akan lebih memuluskan langkah Anda.
 

3. Promosi akan memperbaiki segalanya

Mendapatkan promosi bukan berarti Anda akan mendapatkan kesenangan secara instan. Ubah pola pikir Anda dan fokuslah pada risiko dan tanggung jawab kerja.
 

4. Tempat dan waktu yang salah

Pastikan membuat janji dengan atasan di tempat dan waktu yang tepat. Hindari waktu menjelang makan siang atau menjelang berakhirnya jam kerja. Jika atasan terlihat sibuk, tunda dulu niat Anda. Perhatikan juga mood atasan Anda.
 

5. Membuat target berlebihan

Mengerjakan pekerjaan lain di luar tanggung jawab Anda untuk membuat atasan terkesan? Hal itu justru membuat Anda terlihat tidak profesional. Fokuslah pada tugas dan kewajiban Anda.
 

6. Meminta promosi karena masa kerja

Lamanya masa kerja bukan alasan untuk meminta promosi. Penilaian lebih pada kontribusi Anda untuk perusahaan dan yakinkan bahwa Anda layak diberi tanggung jawab baru yang lebih berat.
 

7. Tidak memiliki alasan yang tepat

Yakinkan atasan jika Anda layak dipromosikan. Jangan pernah mengajukan promosi saat Anda tidak siap dengan pertanyaan-pertanyaan atasan.

Nah sebelum meminta promosi, Anda harus berhati-hati dan siapkan strategi. Jika Anda layak dipromosikan, promosi yang Anda ajukan akan dipertimbangkan atasan. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.