Gaji Pas-pasan, Bisakah Berinvestasi?

19 Mei 2017 | 17:35

 
 
Boro-boro investasi, untuk nabung aja sulit, begitu sepertinya yang diungkapkan banyak orang ketika ditanya soal investasi.Apakah untuk bisa berinvestasi harus punya uang banyak? Tidak, prinsip paling utama bagi orang yang baru memulai investasi ialah jangan menunggu uang terkumpul lebih dulu. Anda bisa memulai investasi yang kecil, tetapi berjangka; artinya, semakin lama semakin besar nilainya.
 
Coba telusuri, Anda sulit menabung karena tidak punya uang lantaran penghasilan yang kurang, atau karena pengeluaran yang tidak sepadan dengan penghasilan? Kalau pendapatan tidak bisa dikontrol, sangat berisiko jika Anda bergantung pada pendapatan. Padahal, sisa dari pendapatan harus digunakan untuk investasi. Karena itu, pengeluaran dan pendapatan harus dikontrol secara disiplin. Caranya? Pelajari kiatnya di bawah ini.
 
Menentukan golongan. Ada di golongan manakah Anda, penghasilan kurang atau pengeluaran banyak? Lakukan penghematan, lalu lihat selisih pengeluaran dan penghasilan. Kalau masih tersisa 30 persen atau lebih, artinya selama ini Anda boros. Kalau kurang dari 30 persen atau tekor, berarti penghasilan Anda kurang.

Menambah penghasilan. Jika Anda termasuk golongan dengan selisih penghasilan dan pengeluaran kurang dari 30 persen, Anda harus mencari pekerjaan sampingan. Hitung terus rasio pendapatan dan pendapatan sampingan Vs pengeluaran. Kendalikan terus sampai rasio minimal selisih 30 persen.

Mengurangi pengeluaran. Setelah berhemat, Anda punya uang selisih pengeluaran vs pendapatan sebanyak 30 persen. Jadi, atur lagi pengeluaran Anda. Uji kembali apakah penghematan sebesar 30 persen masih bisa ditingkatkan sampai di atas 30 persen.

Mulai membagi. Setelah rasio 30 persen dicapai dan dipertahankan sampai enam bulan, mulailah memilah-milah penggunaannya. Tetapkan 20 persen untuk ditabung selama enam bulan mendatang, dan 10 persen lainnya ditabung untuk persiapan investasi. Lalu, gunakan tabungan yang disimpan dari 10 persen selisih tersebut untuk dana awal investasi.
 

Bingung memilih investasi apa? INVESTRA Titanium dari Commonwealth Life bisa menjadi  

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.