Tidur, Meditasi Terbaik?

19 Mei 2017 | 17:46

Rutinitas dan tekanan pekerjaan kerap membuat pikiran terganggu. Gangguan bisa berupa penurunan daya kerja otak, kebosanan, dan kegelisahan. Masa lalu dan masa depan memberi sumbangan besar pada lelahnya pikiran. Dengan meditasi, keseimbangan pikiran bisa diwujudkan. Duduklah di tempat yang tenang dengan posisi yang nyaman. Tarik napas perlahan-lahan dan tahan hingga beberapa detik, kemudian lepaskan. Inti dari gerakan meditasi ialah merasakan napas Anda sendiri.
 

Manfaat Meditasi

Meditasi setiap 10 menit sehari memberikan manfaat yang signifikan dan perubahannya bisa Anda rasakan dalam waktu singkat. Meditasi yang dilakukan secara teratur diketahui dapat meningkatkan densitas otak, meningkatkan hubungan antar neuron, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, mempertajam daya pikir otak, dan meningkatkan hormon endorfin yang membangkitkan mood positif.
 

Kerja Otak Saat Meditasi

Dengan teknologi modern seperti scan MRI, keadaan yang sungguh berbeda terjadi. Otak berhenti memproses informasi tidak seaktif biasanya. Ini ditunjukkan dengan penurunan gelombang beta. Gelombang beta merupakan pertanda otak sedang memproses informasi. Ini terjadi setelah sesi meditasi 20 menit pada orang yang belum pernah meditasi.
 

Ketiduran Saat Meditasi

Saat melakukan meditasi, mungkin Anda pernah merasakan kantuk dan berakhir dengan tertidur pulas. Ya, itulah gejala umum keberhasilan meditasi. Serangan kantuk yang berat dan berlangsung cepat diakibatkan oleh penurunan drastis gelombang otak dari beta ke alfa. Bila sampai tertidur pulas, berarti Anda bablas ke gelombang teta atau delta.
 
Jika Anda lelah atau stres, meditasi juga bisa mudah beralih ke tidur. Lalu setelah terbangun, Anda merasa seperti dilahirkan kembali. Di saat itulah, Anda baru menyadari pentingnya tidur. Padahal biasanya Anda rela mengorbankan jam tidur untuk aktivitas yang dianggap lebih penting. Jika tidur tidak nyenyak, tubuh dan pikiran Anda tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan mengganggu aktivitas di esok hari.
 

Kesamaan Tidur dan Meditasi

Tidur dan meditasi memiliki satu kesamaan, yakni menuntut kita untuk mengosongkan pikiran. Bila Anda ingin tidur yang berkualitas, hal utama yang perlu diperhatikan ialah menenangkan pikiran.  Anda bisa mengganggap tidur sebagai bentuk meditasi. Namun, hal ini memerlukan latihan dan waktu untuk melakukannya secara benar. Namun, menyadari pentingnya tidur ialah langkah awal menuju pola hidup yang lebih sehat.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.