Tips Anti Gagal Mapan di Usia Matang

19 Mei 2017 | 18:10

 
Sebesar apa pun penghasilan Anda saat ini, belum tentu akan mapan di masa tua nanti. Mengapa?   Karena godaan konsumtif sehingga Anda menyepelekan masa depan yang jelas-jelas sedang Anda tuju dari sekarang. Apa yang sudah Anda siapkan untuk bekal di hari tua? Bila persiapan dana masa depan dilakukan sejak awal dan melalui mekansime yang matang, bukan tidak mungkin kenyamanan finansial masih bisa dicapai di saat Anda sudah tidak produktif lagi.
 
Berdasarkan survei The Power of Protection, Confidence in The Future yang dilakukan HSBC pada 2015, satu di antara tiga orang Indonesia ternyata belum menyiapkan jaminan kesejahteraan masa depan di saat pensiun. Masuk akal jika perlu perencanaan yang matang untuk menghadapi masa pensiun meski baru akan dijalani 20 sampai 30 tahun lagi.
 
Belum lagi nilai uang yang dari tahun ke tahun terus berubah. Jika pada 1980-an uang ratusan ribu rupiah bisa digunakan untuk membeli motor, kini mungkin hanya cukup untuk makan di restoran. Bayangkan, berapa besarnya inflasi nanti? Ke depan masih banyak kebutuhan penting yang perlu Anda rencanakan. Ketahui beberapa tips ini untuk membangun keuangan di masa depan.
 
  • Atur pengeluaran. Belilah barang-barang yang Anda butuhkan, tetapi jangan terlalu menuruti keinginan. Paling tidak buat anggaran pengeluaran maksimal 40%.
  • Tentukan prioritas. Ketika menerima gaji, prioritaskan dulu hal-hal yang wajib Anda  penuhi, misalnya tagihan sehari-hari atau belanja kebutuhan rumah tangga. Jika punya utang, sebaiknya segera dibayar. 
  • Buat laporan keuangan. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda. Dengan mencatat laporan keuangan secara detail, Anda akan lebih menghargai setiap uang yang telah dikeluarkan.
  • Buat dana cadangan. Dana cadangan akan memfasilitasi bila terjadi hal-hal di luar dugaan atau sangat mendesak. Tetapkan dana cadangan minimal 10% dari gaji Anda.
  • Berinvestasi. Sisihkan 30% dari gaji Anda untuk berinvestasi dalam bentuk emas, deposito, atau reksa dana. Jika gaji Anda cukup besar, cobalah berinvestasi dalam bentuk saham atau properti.
  • Miliki asuransi. Tidak akan ada yang tahu kejadian di masa depan. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk, buatlah asuransi untuk menjamin keadaan finansial Anda tetap stabil. 

 

Untuk merencanakan keuangan jangka panjang seperti persiapan masa pensiun, Financial Calculator dari Commonwealth Life ini patut dicoba. Bentuk simulasi dikemas menarik dengan tampilan grafis yang menyenangkan dan langkah-langkah yang mudah dipahami. Cocok untuk pemula belum memahami tentang keuangan. Yuk, buka Financial Calculator di website Commonwealth Life.

Ingat, atur uang sedari muda agar bisa mapan di masa nanti hingga tua. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.