Melompat Dari Putaran Roda Hamster

26 Januari 2017 | 00:00

Tak sedikit pekerja kantoran nine to five yang merasa sudah berperilaku seperti hamster. Terjebak di roda kehidupan yang dimulai dari berangkat pagi-pagi, bekerja sepanjang hari, dan pulang saat menjelang malam. Terus begitu, bertahun-tahun. Tanpa perubahan hasil yang siginifikan. Serupa seperti hamster yang senang berlari di dalam roda. Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

Evaluasi
Wajar jika kita bekerja keras di awal, pontang-panting ke sana ke mari demi membangun impian. Jika kita terus-menerus mengerjakan hal yang sama, ada dua kemungkinan. Pertama, kita akan semakin ahli. Atau kedua, jabatan naik. Jika yang pertama tidak terjadi, mungkin kita tidak serius, atau kita terlalu terpaksa mengerjakannya. Jika terjadi kemungkinan kedua, bisa jadi tempat kita bekerja tak punya sistem yang betul. Saatnya evaluasi.

Visi dan Misi
Bukan hanya organisasi yang harus memiliki visi dan misi. Sebagai pekerja, kita juga mesti memiliki visi dan misi yang jelas untuk diraih. Tujuan inilah yang membuat kita berkembang menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Membuat target jangka pendek dan jangka panjang dapat membantu kita meraih apa yang kita impikan.

Patuhi rencana
Kadang-kadang kita terlalu sering menmbuang waktu. Pekerjaan yang sebetulnya cuma sedikit bisa gagal dikerjakan lantaran kita tidak pandai mengelola waktu. Cobalah membuat rencana dan patuhi. Sebab kita sendiri yang bisa mengatur kapasitas diri.

Gunakan waktu sesuai dengan tujuannya
Mereka yang produktif tidak berarti mereka yang kerja terus menerus. Bekerja tanpa istirahat justru menghambat produktivitas, bahkan meningkatkan angka kematian. Bekerja di balik meja dan duduk selama berjam-jam tanpa henti, akan menimbulkan masalah di tulang belakang, mata terasa tegang, dan sakit leher. Sebaiknya, ingatkan diri untuk beristirahat 3-5 menit setiap 30 menit bekerja. Kalau kita sering keasyikan bekerja, pasang alarm pengingat.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.