Work-Life Balance, Seimbang Pekerjaan & Personal

20 Mei 2017 | 18:47


Cinta pada pekerjaan itu penting, tetapi menyeimbangkan pekerjaan dengan pola hidup jauh lebih penting. Seperti yang dikatakan Louis Efron, penulis buku How to Find a Job, Career, and Life You Love, sukses didapat dengan menciptakan kehidupan yang seimbang.

Hal yang sering terjadi adalah tuntutan pekerjaan membuat kita mengabaikan aspek kehidupan lainnya: personal, keluarga, spiritual, dan sosial. Padahal, sibuk mengejar materi dan kekuasaan bisa membawa pada hal-hal buruk mulai dari kelelahan fisik dan mental, penyakit karena stres, hingga longgarnya kualitas hubungan.

Tingkat kebahagiaan tidak hanya dipengaruhi oleh materi, tetapi juga keluarga yang bahagia, hubungan sosial yang baik, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, work-life balance juga menguntungkan bagi perusahaan. Penelitian Morgan Redwood di Inggris menyebutkan perusahaan yang mendorong karyawan untuk menerapkan work-life balance akan memperoleh pendapatan per tahun 20 persen lebih besar per karyawan. Ketahui tips ini untuk kehidupan yang seimbang.
1. Manajemen waktu yang baik
Manajemen waktu yang baik akan membantu menyelesaikan pekerjaan secara efektif, menetapkan perencanaan, hingga membuat seseorang menjadi lebih produktif.

2. Fokus pada hidup, bukan pekerjaan
Ubah perspektif untuk fokus pada kehidupan, pekerjaan hanya untuk menunjang finansial Anda.  Sukses itu harmoni antara bisnis, keluarga dan me time. Cintai hidup dengan tidak hanya bekerja, tetapi juga bermain di sela-sela pekerjaan.

3. Bekerja cerdas, bukan keras
Bekerja cerdas bukanlah mengalokasikan waktu lebih untuk melakukan suatu pekerjaan, tetapi usaha untuk menyeimbangkan semua lini kehidupan agar membawa dampak positif pada produktivitas.

4. Luangkan waktu untuk diri sendiri
Lakukan yang Anda suka untuk menghibur diri. Isi waktu luang dengan bersantai, berolahraga, atau melakukan hobi untuk mengembalikan energi positif agar bisa tetap mengerjakan kegiatan lain.

5. Tentukan prioritas
Renungkan hal terpenting dan buat daftar prioritas di tempat kerja atau di rumah. Prioritas akan menjadi pondasi Anda.  Menghargai prioritas akan membuat kehidupan pekerjaan dan personal lebih bisa dinikmati.

So, live and work, but don’t forget to play

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.