Berlibur ke Luar Negeri, Kenali Dulu Norma dan Etikanya

5 Juni 2017 | 00:14

Saat berlibur ke luar negeri, pernahkah Anda terjebak dengan  peraturan yang berlaku di negara tujuan? Ya, minimnya pemahaman bahasa dan ketidaktahuan soal budaya dan peraturan mungkin saja menjadi kendala. Karena itu, aturan dan norma di negara tujuan wisata menjadi hal yang harus dipelajari. Terlebih jika Anda berkunjung ke luar Asia. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang aturan di negara tujuan. Yuk, ketahui apa saja yang perlu diperhatikan.

1. Memberi Tip

Di beberapa negara Asia, memberi tip bukan hal yang biasa terjadi, seperti di Jepang dan Singapura. Berbeda dengan di New York; jika Anda meninggalkan uang tip kurang dari 15 persen dari total tagihan, Anda tidak akan diterima lagi saat melakukan reservasi. 

2. Menanyakan Pekerjaan

Saat berlibur ke Argentina, jangan pernah menanyakan pekerjaan. Bagi warga lokal, menanyakan pekerjaan itu tidak sopan. Biarkan mereka  memberi tahu.

3. Bersin dengan Sapu Tangan 

Saat bersin, masyarakat Jepang lebih memilih untuk langsung membuang ingus atau menggunakan tisu. Jika Anda membawa sapu tangan ke mana-mana, hal  itu menjijikan bagi mereka. 

4. Berjabat Tangan dengan Sarung Tangan

Di Eropa, berjabat tangan dengan sarung tangan dianggap tidak sopan. Lepas dulu sarung tangan Anda meski udara dingin. 

5. Mengacungkan Jempol

Mengacungkan jempol ternyata tidak selalu menunjukkan hal positif. Di Iran, mengacungkan jempol dianggap hal yang kasar.

6. Memberikan Apapun yang Berasal dari Sapi

Peraturan ini banyak ditemui di India, karena sapi dianggap hewan paling suci. Jangan memberikan apa pun yang berasal dari sapi, seperti suvenir dari kulit sapi dan lainnya.

7. Hentikan Taksi dengan Telapak Tangan 

Di Yunani, Anda harus membuka telapak tangan lebar-lebar untuk menghentikan taksi. Tidak akan ada taksi yang berhenti jika Anda tidak melakukan hal tersebut.
Cari tahu terlebih dulu peraturan dan tradisi lokal di destinasi tujuan Anda. Patuhi peraturan tersebut agar terhindar dari masalah yang mungkin menyulitkan Anda.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.