Berburu Jajanan Berbuka

7 Juni 2017 | 00:52

Ngabuburit sembari berburu menu takjil sepertinya sudah menjadi tradisi. Pasar jajanan dadakan yang hanya digelar saat Ramadan ini cukup populer di beberapa kota. Ya, tempat-tempat ini sayang untuk tidak disambangi.
 

Banda Aceh

 Di Aceh Tengah, pusat jajanan takjil berada di pusat Kota Takengon, tepatnya di Pasar Inpres. Ada beberapa makanan khas Gayo, di antaranya lepat, timpan, bubur manis toge, cenil yang dipadukan dengan pulut atau ketan hitam, juga lupis. Pasar Ramadan juga bisa ditemui di sepanjang jalan di Lampisang atau Banda Aceh-Meulaboh. Berbagai makanan bisa Anda coba, seperti kue boi, meuseukat halua breuh, boh rom-rom, dan rujak aceh.
 

Padang                                                                                                                     

 
Dua pasar dadakan saat Ramadan atau biasa disebut Pasar Pabukoan yang paling ramai dikunjungi di Padang berada di kawasan Imam Bonjol dan Pasar Tarandam. Di sini dijajakan berbagai makanan khas Sumatra Barat, mulai dari lamang tapai, lopis sarabi, bubur kampiun, sampai berbagai menu berat seperti gulai usus, gulai otak, dan gulai bebek.
 

Medan

 
Saat Ramadan, hampir seluruh wilayah di Medan dipenuhi pusat-pusat hidangan berbuka. Di seputar Kampus Universitas Sumatra Utara, banyak dijual gorengan, kolak, dan toge (es campur khas Mandailing). Ada juga bubur sop di Masjid Raya Al-Maksum yang dibagikan gratis. Atau ke Kampoeng Ramadan di Kecamatan Medan Johor karena terdapat berbagai makanan khas budaya Melayu.
 

Jakarta

Di pusat jajanan takjil di depan pasar Bendungan Hilir, banyak dijual menu untuk berbuka dan sahur. Kawasan kuliner khas Sumatra Barat di Jl. Kramat Raya juga tak kalah ramai. Pasar ini terkenal dengan lemang tapai khas Minang. Sejak 1950-an, rumah makan Kapau khas Minang di kawasan ini menyediakan banyak masakan padang. Ada juga makanan ringannya, seperti kupat ketan kelapa, kripik balado, dan bubur kampiun.
 

Yogyakarta 

Kampung Sore Ramadan Kauman ialah tempat paling populer di Yogyakarta. Gang sempit di Jln. K.H. Ahmad Dahlan ini selalu penuh sesak. Berawal dari tiga orang yang berjualan di depan rumah pada 1970-an, kini sudah lebih dari 63 pedagang. Kicak dan wedang sirsak ialah menu berbuka yang hanya dibuat saat Ramadan dan cuma ada di sini. Untuk lauk, coba berongkos, buntil, garang asem, dan aneka pepes.
 

Denpasar

 
Sejak puluhan tahun silam, Kampung Jawa di Jln. Ahmad Yani menjadi pusat jajanan yang menawarkan berbagai hidangan berbuka puasa. Di kawasan ini, puluhan penjual yang menggelar lapak di sepanjang gang menyediakan menu berbuka. Sate jeroan sapi mulai dari sate susu, sate usus, hingga sate sum-sum hanya bisa ditemui saat Ramadan.
 

Makassar

 
Sambil menikmati Pantai Losari, Anda bisa mencicipi kuliner khas Sulawesi Selatan. Ada segarnya es palu butung dan pisang epe di sekitar pantai. Pusat jajanan buka puasa di sekitar Jln. Mappanyukki juga menawarkan berbagai makanan, seperti jalangkote, lumpia, dan barongko.
 
Nah, berbuka di mana hari ini? Jika kebetulan sedang tidak jauh dari pasar dadakan ini, cobalah untuk mampir.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.