Berlibur Sekaligus Beribadah, Why Not?

7 Juni 2017 | 01:15

Setiap manusia dibekali dengan jiwa yang selalu rindu pada kesegaran dan ketenangan ruhani. Yang menarik, ada orang-orang yang memilih kegiatan beribadah sekaligus berlibur untuk mendapatkan kesegaran hati dan perspektif baru tentang kehidupan.
 

Destinasi Wisata Religi di Luar Negeri

 Masing-masing agama ini memiliki destinasi ziarah religinya masing-masing. Umat Kristen Katolik misalnya biasa liburan ke Vatikan untuk mengunjungi gereja St. Peter's Basilica. Sementara itu, umat Kristen pada umumnya menjadikan kota-kota di Israel seperti Betlehem dan Yerusalem sebagai tujuan wisata mereka.
 
Penganut Judaisme mengunjungi kota-kota di Israel. Selain itu, yang menjadi favorit adalah situs Tembok Ratapan. Umat Islam, selain mengunjungi Mekah dan Madinah dalam ibadah haji dan umroh, ada yang bepergian ke tempat-tempat religius lainnya seperti Masjidil Aqsha di Palestina dan Konya di Turki, tempat makam seorang sufi besar, yaitu Jalaluddin Rumi. Umat Hindhu mengarahkan tujuan mereka ke sungai yang legendaris yaitu sungai Gangga dan juga candi-candi Hindhu yang besar di India seperti Shree Siddhivinayak dan Tirumala Venkateshwara.  Kemudian, umat Budha bepergian ke tempat-tempat bersejarah yang dilalui Sidharta Gautama selama perjalanan spiritualnya misalnya situs Bodhi Gaya, Lumbini, dan Kushinagar.
 

Bagaimana dengan di Indonesia?

 Indonesia juga memiliki terdapat lokasi-lokasi favorit untuk wisata religi misalnya gereja Gua Maria di Ganjuran, Mesjid Demak, candi Borobudur, dan berbagai pura di Ubud. Banyak dari mereka mencoba merenungkan sejarah tersebut dan memaknainya sebagai hikmah personal yang mendalam.
 

Tujuan Perjalanan Anda

 Anda perlu memnentukan dan menyadari dari awal tujuan spiritual sebelum Anda berangkat. Tidak perlu terlalu terperinci, tapi setidaknya gambarkan dalam batin Anda suatu niat. Tetapkan ini dalam batin Anda agar Anda benar-benar siap untuk menyerap sisi keruhanian selain semata-mata berlibur.
 

Pelajari tentang Situs Religi yang Dikunjungi

 Untuk mengoptimalkan kunjungan Anda, pelajari gambaran umum tempat-tempat yang Anda kunjungi.
Tidak perlu terlalu banyak yang Anda pelajari. Biarkan diri Anda mengalami kejutan-kejutan pengalaman batin yang unik selama di sana.
 

Siapkan Alur Perjalanan yang Efisien

 Anda perlu menentukan titik-titik dan alur perjalanan yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Bila bergabung dalam kelompok yang dikelola biro perjalanan, pilih alur berdasarkan tujuan Anda bepergian. Namun, jika melakukan perjalanan sendiri, cari informasi yang cukup tentang bagaimana berpindah dari satu destinasi ke destinasi lain dengan efisien.
 

Pastikan Perlengkapan Anda

 Apakah Anda harus memakai penutup kepala tertentu? Apakah ada ornamen ibadah yang harus dibawa (wangi-wangian untuk ritual, tasbih, rosario, dan lain-lain)? Kitab suci apa yang perlu Anda bawa? Anda bisa membawanya dari rumah atau membeli di dekat destinasi anda. Biasanya, situs-situs wisata religi yang terkelola dengan baik menyediakan perlengkapan-perlengkapan tersebut untuk dijual, disewa atau dipinjamkan.
 

Nikmati, Resapi, dan Berbincanglah

 Bila semua sudah Anda persiapkan dengan baik, nikmati dan resapi perjalanan Anda di sana. Hal ini terkadang justru bisa dicapai dengan berbagi makna dengan sesama peziarah atau turis religi yang Anda temui di lokasi. Di saat-saat yang tepat, ajak mereka berbicara, ceritakan pengalaman Anda. Kalau mereka bersedia, mereka akan menceritakan juga pengalaman mereka. Simak dan temukan lebih banyak pembelajaran dari apa yang dihayati orang lain.  
 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.