Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

10 November 2016 | 07:01

Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

Sebuah penelitian tentang behavioral manusia bertajuk Hacking Creativity dilakukan oleh Red Bulls dan Vibrant Data untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat manusia berpikir lebih kreatif. Penelitian yang dilakukan secara online ini melibatkan 500 peserta dari berbagai latar belakang pekerjaan. Dan inilah 4 alasan terbesar yang mereka sampaikan untuk memunculkan ide tiap harinya.

Keterbatasan membuat mereka lebih kreatif

Mungkin beberapa orang menganggap dengan berpikir “out of the box “ akan melahirkan ide-ide baru yang cemerlang. Namun lebih dari 50% peserta survey mengatakan bahwa otak mereka akan bekerja lebih kreatif dengan aturan-aturan yang sudah ada.

Berinovasi tidak harus dengan cara mengeluarkan ide-ide baru yang belum ada di dunia. Contohnya seperti Michael Dell yang sukses dengan bisnis teknologinya. Ia berhasil menembus industri ini dengan membangun komputer rakitan di kamar kosnya dan menjualnya dengan harga relatif murah melalui pos. Kini siapa yang tak kenal dengan komputer merk Dell?

Bekerja seperti air yang mengalir

Jika Anda membayangkan bahwa CEO sukses akan berpikir secara terstruktur dan penuh dengan rencana, hal tersebut tidak terjadi pada para entrepreneur dan pebisnis profesional dalam studi ini. Dengan penuh keyakinan mereka mengatakan bahwa strategi berpikir kreatif mereka hanya dengan membiarkannya mengalir begitu saja. Apa maksudnya?

Mereka lebih cenderung merangkul setiap kesempatan yang ada di depan mata. Menyusun suatu rencana dengan jelas dan menargetkan suatu goals malah membuat mereka tidak berkembang. Hidup sangat dipenuhi dengan tantangan tanpa harus memikirkannya terlebih dahulu. Tugas kita hanyalah bekerja maksimal kepada setiap tantangan yang ada.

Tidak membuat rencana B

Seperti yang dikatakan Winston Churcill, “Never, never, and never give up,”. Mungkin nasihat itu terdengar kuno, namun para partisipan sepakat untuk tidak membuat plan B dalam strategi bisnisnya. Dengan fokus hanya pada satu rencana membuat kita tidak mudah menyerah.

Poin ini juga berhubungan dengan langkah pertama. Dengan membuat batasan pada misi kita akan melatih otak untuk berpikir lebih kreatif dan luas. Salah satu contohnya adalah Coco Chanel. Coco sangat tergila-gila dengan parfum dan berhasil menemukan ramuan parfum yang luar biasa dengan memadukan beberapa jenis bunga ke dalam satu botol. Ia ingin sekali produknya dijual dalam skala besar, sayangnya Coco tidak punya modal yang banyak. Setelah bertahun-tahun mencari akal, akhirnya ia bertemu dengan Pierre Wertheimer yang mempunyai infrastruktur untuk memproduksi berskala besar. Hasilnya? Kekayaan mereka bahkan dapat dinikmati hingga cucunya.

Menghabiskan waktu di luar ruangan

Hampir 65 persen responden mengatakan dengan menghabiskan waktu di alam terbuka dapat merangsang mereka untuk berpikir kreatif. Tidak hanya mereka yang bekerja di dunia kreatif, namun peserta yang berpengalaman di bidang ilmiah juga merasakan hal yang sama.

Arianna Huffington, pemilik situs berita terkenal Huffington Post bahkan mengajak karyawannya untuk menghirup udara bebas secara berkala. Membiarkan tubuh melihat alam terbuka akan melatih sense of mindfulness di dalam diri. Mindfulness berarti memfokuskan pikiran alam bawah sadar untuk merasakan apa yang terjadi saat ini melalui panca indera tubuh. Dengan cara ini Anda dipaksa untuk melihat situasi jadi lebih jelas, sehingga dapat menghasilkan ide-ide yang cemerlang.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.