Foto Makanan Tampil Instagramable, Ini Caranya

8 Juni 2017 | 09:52

Memotret makanan sebelum menyantapnya sepertinya sudah menjadi kebiasaan yang kekinian ya. Apalagi jika tampilan makanan begitu cantik dan menggoda. Rasanya sayang bila langsung menyantap dan tidak mengabadikannya. Ya, benar saja jika berbagai media sosial, terutama Instagram tidak luput dari posting-an foto makanan.  Memotret objek foto ini agar tampak artistik sekaligus menggiurkan ternyata tidak mudah ya. Namun, bukan berarti tidak bisa dipelajari. Ini teknik fotografi sederhana yang bisa Anda coba.
 
1. Flatlay
Jenis foto yang dipotret dari atas disebut flatlay. Perhatikan background atau latar belakang. Pilihlah permukaan rata dan warna yang serasi dengan objek kuliner. Meja berwarna putih atau terbuat dari kayu akan memberikan kesan natural pada makanan. Tata makanan dengan peralatan makan sebaik mungkin, beri jarak antara objek. Jika terlalu rapat atau banyak, akan terlihat kurang menarik. Perhatikan cahayanya, jangan sampai bayangan tangan atau tubuh masuk dalam frame.
 
2. Hand in frame
Selain makanan, bagian tangan juga harus masuk dalam frame. Ada banyak cara mendapatkan tampilan ini. Penampakan tangan di atas meja atau saat memegang makanan akan memberikan kesan lebih alami dan hangat. Anda bisa minta bantuan orang lain untuk mengambil gambar dengan teknik flatlay, lalu Anda bisa meletakkan tangan di atas meja. Atau Anda juga bisa melakukan sendiri dengan tangan kiri memegang makanan dan tangan kanan memotret. Hasil yang baik ialah foto yang cukup mendapatkan cahaya.
 
3. Levitasi
Teknik ini sebenarnya tidak banyak digunakan karena makanan yang difoto harus digerakkan agar tampak melayang. Ya, jenis foto ini cukup unik karena objek yang dibidik akan tampak melayang di udara. Untuk mendapatkan foto semacam ini, sebenarnya Anda bisa menggunakan kamera smartphone atau DSLR.
 
4. Tuangkan minuman
Pernah coba memotret momen di mana minuman dalam teko mengalir ke cangkir? Jika Anda yang memegang kameranya, harus ada orang lain yang menuangkan minuman tersebut. Jika ingin melakukan sendiri, tangan kiri Anda menuangkan minuman, sedangkan tangan kanan memotret. Bidik dari jarak dekat agar minuman terlihat mewah.
 
5. Cicipi makanan
Anda atau orang lain juga bisa masuk dalam frame. Jangan membelakangi cahaya dan temukan angle yang tepat. Tetap fokus pada makanan meski di dalam frame terdapat seseorang. Atur gaya seseorang agar tampak seperti akan mencicipi makanan. Background yang mendukung juga harus diperhatikan. Berikan senyuman atau ekspresi yang mengungkapkan betapa enaknya makanan tersebut.
 
6. Coba dan lakukan sendiri
Melihat foto makanan saja sudah cukup membuat orang lain menginginkan makanan tersebut. Coba foto kuliner dengan memperlihatkan tangan Anda saat memegang sendok atau sumpit. Gaya seperti ini tidak membutuhkan bantuan orang lain, Anda bisa melakukannya sendiri. Ingat, sebaiknya gunakan tangan kanan untuk memegang peralatan makan dan tangan kiri untuk memotret.
 
7. Buffet
Hampir sama dengan flatlay, tetapi objek yang difoto jauh lebih banyak tidak hanya satu atau dua jenis. Biasanya bisa satu meja penuh. Berbagai makanan yang terhidang dalam meja akan memberikan kesan keragaman dan pengalaman berkuliner yang mantap. Cara mengambil foto juga tidak harus dari atas, bisa dari samping; asalkan tampilannya cantik dan mendapat cahaya yang cukup.
Setelah ini, siapkan smartphone atau kamera dan mulailah abadikan foto makanan terbaik Anda. Lalu, jangan lupa dibagikan ya.

    

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.