Cara Hemat Tagihan Listrik di Rumah

8 Juni 2017 | 10:22

Ketersediaan listrik terbatas, sementara penggunaan pada energi ini tidak pernah selesai. Bayangkan, suatu saat energi ini akan habis dan tidak bisa diproduksi lagi. Meski telah ditemukan, energi alternatif pengganti listrik juga masih sangat sedikit bahkan belum ada perusahaan yang memproduksi dan menjualnya.Ketergantungan masyarakat terhadap listrik cukup tinggi. Ditambah dengan kebiasaan menggunakan listrik di siang hari. Bagaimana tagihan biaya listrik tidak membengkak? Nah, coba siasati hal tersebut dengan pola hidup hemat ini.
 

Cabut Kabel dari Saklar Saat Tidak Digunakan    

 Hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih terpasang pada saklar meski dalam keadaan mati. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda. Lebih baik cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutuskan daya listrik yang terbuang sia-sia.
 
Gunakan Listrik dengan Sistem Pulsa
Penggunaan listrik dengan sistem pulsa dapat membantu Anda menghemat biaya tagihan listrik. Listrik pulsa bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda selama satu bulan. Hal ini bisa mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat Anda lebih bijak menggunakan listrik.
 
Hemat Pemakaian Lampu
Gunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Matikan setidaknya dua lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00.
 
Gunakan AC Seperlunya 
Pilihlah AC hemat energi yang mampu menaikkan suhu atau mati secara otomatis ketika ruangan sedang tidak ada orang. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Perhatikan penggunaan kulkas. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karena kulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang. Hindari membuka kulkas terlalu lama karena mesinnya akan bekerja lebih tinggi.
 
Matikan Alat Elektronik saat Tidur

Hindari kebiasaan tidur dengan peralatan elektronik yang masih menyala. TV yang masih menyala jelas membuat tagihan membengkak. Lampu sebaiknya dimatikan untuk merilekskan tubuh agar bisa beristirahat. Jangan pernah meninggalkan gadget dalam keadaan masih mengisi daya karena baterai bisa menggelembung hingga bocor. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.