Catat, Ini Waktu yang Tepat untuk Membeli Asuransi Pendidikan Anak

9 Oktober 2018 | 21:39

 Apa Itu Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan anak dahulu disebut dengan asuransi jiwa dwiguna. Yakni gabungan antara asuransi jiwa pada umumnya (tradisional) dengan tabungan atau deposito. Mekanismenya, Anda sebagai orang tua diharuskan menabung sejumlah uang dalam nominal yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi dan kesepakatan selama periode tertentu. Selanjutnya perusahaan asuransi ini akan mengeluarkan dana pendidikan saat anak Anda masuk ke jenjang sekolah. Mulai dari SD, SMP, SMA hingga duduk di bangku perguruan tinggi.

Asuransi pendidikan ini dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Dengan kata lain, bank hanyalah berperan sebagai penyalur atau agen. Keuntungan menggunakan asuransi pendidikan di antaranya adalah keuntungan investasi. Contohnya, ketika orang tua meninggal maka anak tidak hanya mendapatkan jaminan pendidikan saja. Melainkan juga hasil dari nilai investasi dari premi yang dibayarkan oleh orang tua tersebut setiap bulannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Pendidikan

Mengingat banyaknya keuntungan yang akan diperoleh dari asuransi pendidikan, kini banyak orang tua mulai melirik jenis investasi ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi pendidikan terbaik. Berikut beberapa di antaranya:

·         Pelajari Produk Asuransi Pendidikan yang Ditawarkan

Ada dua jenis produk asuransi pendidikan, yakni asuransi pendidikan murni dan asuransi pendidikan unit link. Asuransi pendidikan murni hanya terdapat asuransi pendidikan saja. Sehingga jaminannya sebesar target yang akan cair. Sedangkan untuk asuransi unit link merupakan gabungan antara asuransi dan investasi.

·         Risiko yang Diterima

Setelah Anda mempelajari jenis produk asuransi pendidikan tersebut, jangan mudah tergiur. Anda pun juga harus tahu risiko yang akan diterima nantinya. Semisal berapa lama kontrak perjanjian pembayaran, termasuk pula bagaimana jika berhenti di tengah jalan dan sebagainya. Hitung secara terperinci sebelum Anda memutuskan dan jangan lupa meminta pendapat kepada ahli keuangan atau ahli asuransi bila memang diperlukan.

·         Biaya yang Harus Anda Keluarkan

Tidak hanya mengetahui risiko yang akan diterima saja, Anda juga perlu mengetahui berapa besaran yang akan dikeluarkan. Mulai dari biaya premi, administrasi, termasuk denda apabila Anda terlambat membayar premi. Biaya lainnya adalah besaran biaya untuk investasi yang ada dalam asuransi pendidikan tersebut.

·         Belilah Asuransi Anak Sejak Dini

Semakin baik jika Anda membeli asuransi pendidikan terbaik untuk anak sejak dini. Karena semakin bertambahnya usia anak, maka akan semakin besar pula premi yang harus Anda bayarkan. Besaran premi ini akan tetap selama masa kontraknya Semisalnya, Anda membeli asuransi pendidikan anak saat berusia 2 tahun dengan masa kontrak 5 tahun dengan premi sebesar 500 ribu. Maka selama 5 tahun premi akan tetap sama,

Waktu Terbaik untuk Membeli

·         Belilah Setelah Anda menghitung Secara Rinci

Menghitung secara rinci besaran dana pendidikan anak sangat penting. Hal ini menyangkut berapa besaran yang harus dikeluarkan. Contohnya saja untuk dana masuk SD tidaklah sama dengan SMP atau SMA, hingga perguruan tinggi. Jelas ini akan bertambah seiring meningkatnya jenjang pendidikan anak. Dengan mengetahui berapa besaran premi asuransi pendidikan anak, Anda akan semakin mudah mengatur keuangan dan menyisihkan untuk pendidikan anak.

·         Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan Anda

Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengenai kondisi keuangan Anda. Karena itulah sebelum membeli asuransi pendidikan anak, sebaiknya pilihlah premi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan. Ini untuk mengantisipasi apabila kondisi keuangan Anda tidak stabil dan premi yang dibayarkan terlalu tinggi, tentu ini akan menambah beban baru. Saat kondisi keuangan Anda membaik dan anak mulai memasuki jenjang pendidikan mengapa tidak untuk membelinya?

Itulah beberapa tips untuk membeli asuransi pendidikan anak yang tepat. Semoga bermanfaat!

 

Rekomendasi