Selain Besarnya Biaya Premi, Berikut 4 Faktor Penting Dalam Memilih Asuransi Kesehatan

16 Oktober 2018 | 19:47

Di saat pemerintah Indonesia mewajibkan seluruh masyarakat untuk ikut asuransi BPJS, sedikit banyak masyarakat Indonesia akhirnya melek terhadap pentingnya manfaat asuransi kesehatan. Bukan rahasia lagi jika sekarang banyak masyarakat Indonesia yang mulai tertarik memiliki asuransi kesehatan selain dari BPJS. Asuransi kesehatan swasta ini memiliki manfaat yang sangat banyak jika dibandingkan dengan BPJS, mulai dari lingkup yang lebih luas, proteksi pertanggungan yang cukup besar, dan lain sebagainya.

Di dalam artikel kali ini akan dibahas apa saja faktor pemilihan asuransi kesehatan yang harus Anda lihat selain besarnya biaya premi. Untuk biaya premi memang sangat berpengaruh kepada proteksi pertanggungan, tetapi selain itu ada beberapa faktor lain yang memang harus Anda perhatikan. Apa saja faktor itu?

Anda harus mempertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi

Hal pertama adalah Anda harus mempertimbangkan bagaimana kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Sekarang banyak sekali perusahaan asuransi yang ada di luar sana dan tidak sedikit pula yang mempunyai kredibilitas buruk seperti tidak memenuhi janji atau bahkan uang Anda akhirnya dibawa kabur.

Lalu, bagaimana caranya Anda mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi? Pertama adalah Anda bisa mencari berita dan review yang ada di internet. Apakah perusahaan asuransi tersebut mempunyai track record buruk atau ternyata banyak review negatif dari masyarakat. Selain itu, tanyalah juga kepada keluarga, saudara, atau teman yang juga ikut ke dalam asuransi tersebut.

Perhatikan cara kerja dari asuransi kesehatan tersebut

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Anda harus memperhatikan cara kerja dari asuransi kesehatan tersebut. Cari tahu bagaimana cara dana ini tertarik, apakah lewat auto debet bank atau Anda harus membayar per bulan. Lalu, pelajari bagaimana sistem klaim ketika Anda sakit atau mengalami kecelakaan, perlu berapa lama proses pencairan, dan apakah ada batas maksimal pencairan. Itu merupakan hal kunci dari apakah asuransi kesehatan yang Anda pilih ini benar-benar tepat atau tidak.

Lihat pilihan rumah sakit rekanan

Selanjutnya adalah lihat pilihan rumah sakit rekanan. Banyak orang yang kecewa dengan perusahaan asuransi salah satunya karena mereka tidak bisa serta merta memilih rumah sakit rekanan. Misalnya, Anda sedang sakit di Jakarta Barat, ternyata jarak rumah sakit rekanan asuransi Anda ini terlalu jauh, jadi Anda harus berkendara sejauh 40 menit misalnya.

Jadi, salah satu pertimbangan lain dalam memilih asuransi kesehatan adalah perhatikan pilihan rumah sakit rekanan yang ada di sekitar daerah Anda. Jangan sampai ketika Anda sudah mendaftar asuransi, ternyata rumah sakit rekanan ini terlalu jauh. Lebih banyak rekanan rumah sakit di dekat daerah Anda, tentu itu akan menjadi pilihan yang baik. Jadi untuk melihat manfaat asuransi kesehatan yang maksimal, Anda harus memperhatikan poin ini, ya.

Lihat daftar pengecualian

Alasan terakhir adalah lihat daftar pengecualian yang ada di dalam asuransi ini. Misalnya apakah cover asuransi kesehatan yang ingin Anda pilih ini bisa meng-handle semua penyakit. Biasanya beberapa asuransi mempunyai cukup banyak daftar pengecualian, misalnya asuransi tidak akan cover penyakit bawaan, penyakit kronis, atau penyakit-penyakit tertentu seperti jantung, kanker, atau stroke. Selain itu, banyak juga manfaat asuransi kesehatan yang tidak memiliki cover untuk perawatan cacat.

Semoga keempat faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan di atas bisa menjadi pedoman untuk Anda memilih asuransi.

 

Rekomendasi